Nunukan, SIMP4TIK - Dinas Kesehatan Kabupaten Nunukan melalui tim medis Puskesmas Sedadap Kecamatan Nunukan Selatan menggelar pemeriksaan kesehatan gratis di lingkungan Kantor Bupati Nunukan, Senin (29/1/2024).

Bertempat di ruang rapat lantai 1 Kantor Bupati Nunukan, secara bergantian staf Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan staff honorer mendapatkan pemeriksaan kesehatan.

Pemeriksaan kesehatan ini secara bertahap mencakup dari pemeriksaan berat dan tinggi badan, tekanan darah, cek gula darah, cek kolestrol, cek asam urat. Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengetahui sekaligus mengantisipasi apabila ada yang mengalami gangguan kesehatan yang bisa ditangani lebih lanjut.

Tujuan kegiatan pemeriksaan kesehatan tersebut, kata Tri Widiastuti untuk cegah secara dini pengakit tidak menular, seperti pemeriksaan tekanan darah, kadar gula, kolestrol, dan asam urat.

Setelah melakukan pemeriksaan, Tri Widiastuti juga memberikan edukasi hasil pemeriksaan tentang apa saja yang harus dikurangi dan yang harus dikonsumsi. Selain itu, pemeriksaan yang dilakukan oleh tim medis puskesmas sedadap rutin tiga bulan sekali atau tidak setahun dua kali.

“Jadi kami dari tim medis puskesmas sedadap rutin melakukan pengecekan kesehatan di Kantor Bupati Nunukan ini. Biasa tiga bulan sekali, tapi kalau sibuk kami laksanakan dalam setahun itu dua kali,” ujar Tri.

Tri juga menyampaikan, walaupun yang dikonsumsi itu adalah makanan dan minuman yang sehat dan bergizi, akan tetapi jika tidak dibarengi olahraga maka metabolisme tubuh akan lemah. Maka dari itu lakukan olahraga dalam seminggu sekali agar tubuh tetap sehat, seger, dan bugar.

 

 

Teks/Foto : Hermi Mastura, S,I.Kom (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom