SIMP4TIK News - Universitas Terbuka (UT) Tarakan melaksanakan Sosialisasi dan Promosi Program Diploma/Sarjana, Pascasarjana, dan Doktor di Lingkungan Pemerintahan Kabupaten Nunukan di Geduang Diklat Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kamis (26/01). Acara dibuka Kepala  BKPSDM H Surai SSos MAP diikuti sejumlah undangan dari Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Nunukan.

Saat membuka acara mantan Kabag Pemerintahan ini  berharap  kepada Aparatur Sipil Negara untuk mampu meningkatkan kompetensinya melalui jenjang Pendidikan tinggi atau dunia akademis agar dapat mendukung peningkatan karir kedepannya.

“Kami harapkan melalui Sosialisasi ini dapat membantu dan memudahkan para ASN dan Non ASN khususnya di Pemerintahan Kabupaten Nunukan, untuk dapat bergabung bersama UT Tarakan dalam meneruskan Pendidikan ke Jenjang yang lebih baik lagi guna meningkatkan karir kedepannya,” harapnya.

Merespon harapan Kepala BKPSDM, Manajer registrasi dan marketing Universitas Terbuka Mohammad Idris S.IP menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Pemerintah Kabupaten Nunukan yang begitu konsen terhadap peningkatan kompetensi SDM khususnya ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Nunukan.

“Universitas Terbuka sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang menerapkan sistem pembelajaran secara daring dan online, sehingga sesuai untuk mereka yang sudah bekerja namun memiliki kendala waktu untuk berkuliah, seperti yang dialami oleh ASN,”  jelasnua.

Menurut Mohammad Idris, Universitas Terbuka (UT) merupakan perguruan Tinggi (PTN) ke-45 yang diresmikan pada Tahun 1984, berdasarkan Keputusan Presiden No.41 Tahun 1984, yang menyelenggarakan Pendidikan melalui system terbuka dan Jarak Jauh.”

“Istilah Terbuka diartikan tidak ada pembatasan persyaratan, baik usia maupun tahun ijazah, serta istilah “Jarak Jauh” diartikan bahwa UT menerapkan pembelajaran yang tidak dialukan secara tatap muka, melainkan menggunakan media, baik media cetak(modul) maupun non cetak (online),” jelasnya.

Mohammad Idris menguangkap, alumni Universitas Terbuka untuk program S1 dan S2 dari Kabupaten Nunukan khususnya dari Pemerintah Daerah sudah cukup banyak. “Alumni ini tersebar di semua level pemerintahan dari Kabupaten hingga ke kecamatan, dari kota hingga ke pedalaman sampai daerah terpencil, alhamdulillah sudah memberikan kontribusi bagi peningkatan klualitas pelayanan kepada masyarakat,” katanya.

Melihat kondisi ini, Muhammad Idris menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Nunukan atas kerjasamanya selama ini sekaligus menyampaikan bahwa pihak Universitas Terbuka selalu terbuka untuk pegawai dan masyarakat Kabupaten Nunukan melanjutkan Pendidikan tinggi di Universitas Terbuka untuk mendukung peninmgkatan sumber daya manusia di Kawasan Kaltara ini.

Kegiatan tersebut dihadiri Camat Nunukan Hasan Basri, S.AP, Kabid.Pengembangan SDM Hertati, SAP, Pejabat Fungsional dilingkungan Pemerintah Kabupaten Nunukan serta Staf ASN dan Honorer BKPSDM Nunukan. (*)

Teks/Foto : Sahar S.Tr.Mar, M.Ikom

Editor : KA Tokkong