SIMP4TIK News - Wakil Bupati Nunukan H.Hanafiah, SE.,M.Si menghadiri acara Peresmian Pos Brimob Sebatik Kompi 3 Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Kaltara yang bertempat di Perumahan BTN Jl. Sultan Hasanuddin Rt.10 Lalo Salo Desa Sungai Pancang Kecamatan Sebatik Utara Kabupaten Nunukan, Selasa (27/12).

Dalam Sambutannya Wakil Bupati Nunukan H. Hanafiah menyampaikan selamat atas Peresmian Pos Brimob ini, semoga keberadaan Pos Brimob Sebatik Kompi 3 Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Kaltara yang representatif yang akan makin menunjang dan meningkatkan pelaksanaan tugas-tugas dari jajaran Brimob di wilayah Sebatik.

Sebatik merupakan wilayah yang berbatasan langsung dengan Negara Malaysia, baik berbatasan secara daratan maupun laut. sebagai daerah perbatasan, wilayah Sebatik memiliki tingkat kerawanan yang cukup tinggi, rawan terhadap aksi-aksi penyelundupan barang, perdagangan orang, terorisme, maupun penyelundupan narkotika dan obat-obatan terlarang, sehingga Sebatik membutuhkan kehadiran aparat kepolisian yang profesional dan memadai untuk menangani semua kerawanan itu.

"Saya percaya kehadiran Pos Brimob di wilayah Sebatik ini akan semakin memberikan rasa aman dan tentram bagi mereka, rebut hatinya, sehingga pada akhirnya polisi dan masyarakat menyatu dan menjadi sebuah kekuatan dan mampu menghadapi tantangan sebera apapun, selamat atas Peresmian Pos Brimob ini, mari kita terus memberikan dukungan dan kepercayaan kepada para Polisi, untuk keamanan dan ketentraman di masyarakat," jelasnya.

Dalam sambutan Kapolda Kaltara Irjen Pol. Daniel Adityajaya, S.H., S.I.K., M.Si mengatakan salah satu tantangan tugas di polda Kaltara adalah karakteristik wilayah yang berbeda khususnya Pulau Sebatik - Kabupaten nunukan yang miliki letak geografis baik daratan maupun perairan yang berbatasan langsung dengan Malaysia serta Philipina.

"Berbagai kerawanan kamtibmas seperti kejahatan terhadap kekayaan Negara, penyeludupan narkoba dan pekerja migran ilegal, dan sebagainya. peresmian pengoperasian Pos Brimob di Pulau Sebatik ini adalah salah satu upaya Polda Kalimantan Utara untuk mengoptimalkan pelaksanaan tupoksi kepolisian khususnya fungsi dan peran korps brimob di dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat di pulau sebatik dan kalimantan utara secara umum," ujar Kapolda.

Menurutnya penempatan Pos Brimob di Pulau Sebatik ini diharapkan menjadi bagian dari wujud nyata sinergitas seluruh unsur pemerintahan dengan masyarakat dalam menjaga sitkamtibmas, menegakan hukum dan menjaga kedaulatan NKRI bersama dengan seluruh Stake Holder terkait lainnya seperti Pemerintah Daerah setempat, Pasukan Satgas Pamtas, Bea Cukai, Imigrasi, serta satuan TNI dan Polri dan tentu saja masyarakat di wilayah sebatik untuk senantiasa dapat berkomunikasi, berkolaborasi dalam memberikan pengabdian dan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan bangsa.

Kapolda Kaltara juga memberikan penghargaan kepada Rustam Jaya atas dedikasinya telah menghibahkan lahan seluas 4,5 Hektar kepada satuan Brimob Polda Kaltara, Pembangunan Mako Brimob di Desa Bukit Aru Indah Kecamatan Sebatik Timur Kabupaten Nunukan.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemotongan pita oleh Kapolda Kaltara serta pemotongan pita dan penandatanganan atas Peresmian Pos Brimob Sebatik Kompi 3 Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Kaltara.

Tampak hadir dalam acara tersebut Kapolda Kaltara Irjen Pol Daniel Adityajaya, S.H., S.I.K., M.Si, Dansat Brimob Polda Kaltara Kombes Pol Noor Hudaya, S.I.K., M.Han, Dir Lantas Polda Kaltara Kombes Pol Rachmad Iswan Nusi, S.I.K., M.H, Kabid Humas Polda Kalimantan Utara Kombes Pol Budi Rachmat, S.I.K, M.Si, Kabid Propam Polda Kaltara Kombes Pol Teguh Triwantoro, Anggota DPRD Kabupaten Nunukan Hj.Nursan, Hj.Nikma,Hamsing, Dandim 0911/Nunukan Letkol Inf Albert Frantesca, M.Han, Kapolres Nunukan AKBP Ricky Hadiyanto, S.H., S.I.K., M.H, Danlanal Nunukan Letkol Laut ( P ) Arif Kurniawan Hertanto, S.H, Dansatgas Pamtas Yonif 621/Mtg Letkol Inf Deny Ahdiani Amir, M.Han, Danramil 0911-02/Sbt Mayor Arm Moh. Bakri, Korwil Nunukan Binda Kaltara Kapten Inf Badaruddin, Danki Marinir Ambalat XXVIII Kapten Marinir Andreas Parsaulian Manalu, S.Han, Dantim SGI Lettu Inf Murham Kaimuddin, Dansubdenpom VI/3-1 Nunukan Lettu Cpm Catur Kurniawan Putra, Para Camat di wilayah Sebatik, Tokoh Masyarakat H.Herman Bacco, S.E., M.M, Rustam Jaya dan Tokoh Agama. (Prokopim)

Teks/Foto : Muliyanti (Tim Publikasi SEKRETARIAT DAERAH )

Editor : Asa Zumara, SS