SIMPATIK News - Upacara penyambutan Selamat Datang Satgas Pamtas RI - Malaysia Batalyon Arhanud 8/ Marawaca Bhuana Cakti di Kabupaten Nunukan di Pelabuhan Tunon Taka, Sabtu (23/9).

Wakil Bupati Nunukan H. Hanafiah, SE MSi bertindak secara langsung sebagai Inspektur Upacara dalam Penyambutan Satgas Pamtas RI-Malaysia Batalyon Arhanud 8/MBC.

Batalyon Arhanud 8/MBC yang berasal dari Sidoarjo Jawa Timur ini dipimpin oleh Komandan Batalyon Letkol Arh Iwan Hermaya akan menggantikan Batalyon sebelumnya, Batalyon 621/Manuntung yang telah bertugas selama kurang lebih setahun 2 bulan di wilayah Kabupaten Nunukan dan akan kembali ke kesatuan yang bermarkas di Barabai, Kalimantan Selatan.

Wabup Hanafiah dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang kepada Komandan Batalyon Arhanud 8/Marawaca Bhuana Cakti beserta seluruh pasukannya di Kabupaten Nunukan.

“Kita saksikan bersama telah hadir Batalyon Arhanud 8/MBC yang akan menggantikan Batalyon 621/Manuntung. Hal ini adalah wujud dari salah satu upaya penyegaran bagi personel pengamanan perbatasan, agar tetap solid, tetap teguh, siap serta waspada terhadap adanya ancaman tantangan dan gangguan kedaulatan NKRI di Perbatasan," ujar Hanafiah.

Hanafiah juga menyampaikan beberapa permasalahan yang berkenaan dengan pengamanan perbatasan, diantaranya permasalahan patok batas antar negara perlu dijaga sebagai penegasan supremasi hukum dan kedaulatan wilayah NKRI, pengamanan lalu lintas keluar masuk orang terutama tenaga kerja ilegal, pengamanan lalu lintas keluar masuk barang yang tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku terutama permasalah Narkoba, penanganan masalah ilegal logging, ilegal fishing dan sumber daya alam lainnya.

Wakil Bupati juga menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah, Kecamatan dan Desa dengan senang hati menerima apabila Satgas Pamtas RI-Malaysia Batalyon Arhanud 8/MBC nantinya juga memiliki program dan kegiatan sosial kemasyarakatan seperti satgas-satgas sebelumnya.

Usai pelaksanaan upacara, Wakil Bupati dan segenap jajaran tamu undangan yang hadir memberikan salam dan ucapan selamat datang kepada Dansatgas, Perwira Staf, serta para pejabat Danpos Satgas Pamtas RI-Malaysia Yon Arhanud 8/MBC. 

Teks/Foto : Desi Herwanti (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom