Nunukan, SIMP4TIK – Informasi pesawat Smart Air PT. SMART AVIATION  , type PC 6 (Pilatus Porter) Registrasi PK-SNE, rute Tarakan menuju Binuang Kecamatan Krayan Tengah, Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara (Kaltara), yang hilang kontak pada, Jumat (8/3/2024).

Wakil Gubernur (Wagub) Kaltara Dr. Yansen TP, M.Si memberi atensi khusus,
mendapat informasi pesawat yang melayani masyarakat perbatasan hilang kontak, ia langsung menghubungi berbagai pihak khusus masyarakat di Desa Binuang Kecamatan Krayan Tengah, untuk memastikan hal tersebut.

Pada pukul 19.00 WITA, Wagub mendapatkan informasi langsung dari Kepala Desa Binuang Kalvin Daud, yang baru saja pulang dari lapangan untuk melakukan pencarian bersama pemuda dari masyarakat lokasi Desa Binuang.

 “Saya baru saja komunikasi dengan Kepala Desa Binuang, yang baru kembali dari pengecekan di Buduk Naret dan camp PT. DMP (Duta Mega Perkasa),” ujar Wagub Kaltara Yansen TP (YTP) lewat sambungan telepon seluler, Jumat malam (8/3/2024).

Menurutnya, hasil komunikasi Kepala Desa Binuang dengan seluruh karyawan PT. DMP yang saat ini mengerjakan pembangunan jalan Malinau – Krayan, yang berada di dua titik lokasi, yaitu di Buduk Naret dan camp PT. DMP,  bahwa pesawat kelihatan ada terbang melewati dua titik itu sekira pukul 09.00 Wita arah dari Semamu melewati Buduk Naret dan sudah lewat dari camp PT. DMP perkiraan menuju Buduk Lopeng atau puncak Gunung Lupeng ke Puneng Fe Bayur (Hulu Sungai Bayur).

“Perkiraan mereka  jarak berdasarkan koordinat yang diberikan oleh Jeremy, Pilot Pesawat MAF (Mission Aviation Fellowship), bahwa perkiraan jarak dari camp PT. DMP sekitar 4 KM dan kalau dari Lokasi Batu Ruyud, Fe’ Milau Lokasi Desa Binuang jarak ke Buduk Lupeng  perkiraan sekitar 6 KM, dan perkiraan dari Lapangan Terbang Binuang di atas 10 KM,” ungkap Wagub Kaltara, kelahiran Pa’ Upan, Krayan Selatan.

Informasi tersebut, tegas dia, merupakan informasi awal yang ia dapat dari informasi Kepala Desa Binuang yang langsung ke Lokasi Buduk Naret dan camp PT. DMP perusahaan pembangunan jalan Malinau ke Krayan.

Kepada kepala desa dan masyarakat Binuang, Yansen TP, mengarahkan agar malam ini juga, masyarakat lokasi Ba’ Binuang  melakukan rapat persiapan untuk persiapan, pagi harinya menuju ke lokasi pesawat yang di duga Jatuh.

Atas kejadian hilang kontaknya pesawat dengan nomor penerbangan PK-SNE milik Smart Air tersebut, Yansen TP mengharapkan doa dari semua pihak agar pesawat dan pilot dan co pilot bisa selamat.

“Mohon dukungan doa dari kita semua agar pencarian bisa berhasil menemukan titik lokasi pesawat,” pintanya kepada seluruh masyarakat Indonesia, khususnya Kaltara.

 

 

 

 

Teks/Foto : BD Novelinna (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Asa Zumara, SS