SIMP4TIK News - Wakil Bupati Nunukan H. Hanafiah SE M Si melakukan kunjungan kerja ke Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) sekaligus mengantar peserta Magang Perangkat Daerah Kabupaten Nunukan di Jakarta, Senin (06/03).

Pada kunjungan di ANRI ini Wakil Bupati diterima  Sekretaris Utama ANRI RI, Rini Agustiani, SH, MAP, yang menyampaikan bahwa Pengelolaan Arsip memerlukan Biaya tidak murah karena Nilainya yang tidak terhingga, terutama Arsip bernilai Sejarah yang disimpan di ANRI.

Sebanyak 26 Orang Peserta Magang yang berasal dari 14 OPD dan 2 Kecamatan di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Nunukan mengikuti Magang di ANRI Jakarta selama 4 Hari yang berlangsung sejak tanggal 6 hingga 9 Maret 2023, Peserta Magang di dampingi oleh Wakil Bupati Nunukan sekaligus melakukan Kunjungan Kerjanya.

Tujuan dilaksanakannya Magang di ANRI ini adalah untuk meningkatkan Pengetahuan dan Wawasan dalam Pengelolaan Kearsipan pada Perangkat Daerah dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Nunukan.

Menurut  H Hanafiah  tanggung jawab Kearsipan merupakan tanggung jawab Pemerintah Daerah Kabupaten Nunukan, bukan semata-mata menjadi beban Lembaga Kearsipan Daerah, dalam hal ini Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Nunukan, namun menjadi tanggung jawab bersama seluruh Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Nunukan.

Hanafiah  berharap, agar seluruh peserta Magang dapat mengembangkan dan menularkan keseluruhan Materi yang diperoleh selama kegiatan ke Perangkat Daerah masing-masing dan seluruh Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Nunukan, hingga akhirnya penyelenggaraan Kearsipan di Kabupaten Nunukan akan menjadi lebih baik, mengingat sampai pada Tahun 2022 lalu, Nilai Hasil Pengawasan Kearsipan di Kabupaten Nunukan masih menduduki posisi ke 388 dari 508 Kabupaten/Kota se-Indonesia dengan Nilai C (sangat kurang) dan berada di posisi ke 4 dari 5 Kabupaten/Kota di Provins Kalimantan Utara.

 “Dalam hal mengelola Arsip, mau tidak mau memang perlu Depot Arsip karena akan disimpan hingga Ratusan Tahun, Arsip itu menggambarkan perjalanan Republik Indonesia, kita baru sibuk, baru kelabakan kalau sudah muncul masalah yang tidak diduga, pas ditanyakan ternyata tidak ketemu (arsipnya) karena belum pernah diserahkan ke ANRI,” tandasnya. 

Setelah kegiatan konsultasi usai, Wakil Bupati Nunukan dan seluruh peserta Magang mengunjungi Museum Arsip Nasional

Diharapkan, kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman para pemangku kepentingan di Kabupaten Nunukan terkait kinerja kearsipan masing-masing OPD.

(Sumber Berita Dan Foto : ADC Wakil Bupati/Untung)

 

 

Teks/Foto : MULIYANTI (Tim Publikasi SEKRETARIAT DAERAH )

Editor : Kaharuddin, SS