SIMP4TIK News - Kedatangan Wakil Presiden Republik Indonesia K.H. Ma’ruf Amin beserta ibu Wury Estu Handayani Ma’ruf Amin di Kecamatan Sebatik Kabupaten Nunukan Provinsi Kalimantan Utara menghadiri beberapa rangkaian acara diantaranya, Pengukuhan Komite Daerah Ekonomi Dan Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Kalimantan Utara dan Peletakan Batu Pertama Rusunawa Pondok Pesantren As’adiyah.

Dalam sambutannya, Wakil Presiden RI K.H Ma’ruf Amin mengatakan dengan ditetapkannya Sebatik sebagai pulau Santri tentu tidak terlepas dari tradisi keagamaan yang mengakar kuat di dalam masyarakat. Momentum pengukuhan KDEKS Provinsi Kalimantan Utara hendaknya menjadi pemacu semangat untuk terus menumbuh kembangkan perekonomian masyarakat sebagai sebuah konsep yang universal ekonomi dan keuangan syariah tidak hanya diperuntukkan bagi umat Islam saja tapi juga dapat dimanfaatkan bagi masyarakat umum yang dapat dijalankan seiringan dengan ekonomi konvensional.

Ma’ruf Amin juga menyampaikan bahwa dibeberapa negara Mayoritas non muslim seperti di Eropa, Inggris Amerika, ekonomi dan keuangan syariah berpotensi besar.

“Saya mendapat laporan bahwa Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara bersama Pemangku kepentingan terkait telah menginisiasi sejumlah program pengembangan ekonomi dan keuangan syariah salah satunya program pelatihan sistem jaminan halal bagi UMKM sebagai bentuk komitmen kerjasama percepatan sertifikasi halal,” ungkap Wapres RI.

Contoh kecil terkait sertifikasi halal di Korea produk kosmetiknya sangat berambisi untuk meminta sertifikasi halal karena mereka ingin memasarkan hasilnya ke seluruh dunia sehingga sertifikasi halal menjadi isu global sekarang. Kemudian juga pendeklarasian pulau Nunukan dan Sebatik sebagai pulau sadar zakat langkah ini patut menjadi komitmen masyarakat untuk lebih mengembangkan sektor keuangan sosial syariah di Kaltara. Ada empat sasaran fokus pengembangan ekonomi syariah yaitu pengantar pengembangan industri halal, industri keuangan syariah, perbankan, asuransi, pasar modal pengembangan dana sosial syariah dan usaha bisnis.

Mengawali sambutannya, Gubernur Kalimantan Utara Drs. H. Zainal A. Paliwang, SH., M.Hum memberi ucapan selamat datang dan terima kasih atas kehadiran Wakil Pesiden Republik Indonesia K.H. Ma’ruf Amin beserta istri di Kecamatan Sebatik Timur Kabupaten Nunukan Provinsi Kalimantan Utara.

Dengan momentum ini kita patut bersyukur karena akhirnya dewan pengurus komite nasional ekonomi dan keuangan syariah Provinsi Kalimantan Utara masa bakti 2023-2025 dapat dibentuk dan dikukuhkan. “Saya berharap kehadiran komite daerah ekonomi dan keuangan syariah ini dapat bersinergi dengan pemerintah dalam mendukung penguatan ekonomi syariah di bumi benuanta ini,” tegas Zainal.

Perlu terus mengedukasi dan mengajak untuk mengoptimalkan sumber daya ekonomi berbasis syariah di Kalimantan Utara dan ciptakan sumber ekonomi baru manfaatkan ekonomi dan digitalisasi.

Teks/Foto : Hermi Mastura, S,I.Kom (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom