Sebatik Tengah, SIMP4TIK - Pemerintah Desa Bukit Harapan Kecamatan Sebatik Tengah bersama penyuluh pertanian melaksanakan pelatihan Kelompok Wanita Tani (KWT) Sejahtera di Aula Kantor Desa Bukit Harapan, Kamis (12/09/2024).

Kepala Desa Bukit Harapan, Cecep Supriadi memberikan dukungan penuh dengan program yang di rancang. Penanaman pohon kelor yang nantinya akan ditanam dipekarangan rumah atau lahan kosong akan memberikan ciri khas tersendiri.

“Rumah warga Desa Bukit Harapan ini belum memiliki ciri khas, maka dari itu didampingi penyuluh pertanian warga diharapkan menanam pohon kelor. Tidak hanya untuk di konsumsi tapi juga bisa dijual,” ujar Cecep.

Dalam pelatihan tersebut, lanjut Kades Bukit Harapan, warga yang dilibatkan diajarkan dan praktek langsung bagaimana membuat pupuk tanaman yang nantinya akan di tanam. 

“Warga telah diajarkan bagaimana cara membuat pupuk tanaman. Sebenarnya tidak hanya pohon kelor saja, cabai, dan tomat juga bisa di tanam,” tambahnya.

Kegiatan menanam juga bisa menambah aktivitas pagi dan sore. Warga Desa Bukit Harapan yang mayoritas petani pasti akan senang dengan kegiatan tersebut. Apalagi pohon kelor tidak begitu sulit dalam bentuk pemeliharaan, cukup ditancapkan ke tanah dan  akan tumbuh dengan sendirinya. 

Kelor juga disebut sebagai Moringa oleifera dan merupakan tumbuhan dari jenis suku Moringaceae. Daunnya berbentuk bulat lonjong dan ukurannya yang kecil tersusun rapi pada sebuah tangkai, biasanya dimasak sebagai sayur untuk pengobatan dan menjaga kesehatan. 

Kegunaan lain dari daun kelor yaitu untuk menjaga tanah agar tidak longsor, air hujan dapat di tahan oleh sistem akar tumbuhan kelor yang sangat rapat.(*)

Teks/Foto : Hermi Mastura, S,I.Kom (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom