Nunukan, SIMP4TIK - Guna menyukseskan program Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) yang merupakan Quick Win BPS, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Nunukan meneken MOU dengan BPS Nunukan, Selasa (4/6/2024).

Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) merupakan Program percepatan Penguatan Statistik Sektoral secara Nasional yang dilaksanakan pada tingkat Pemerintahan terkecil dan sekaligus sebagai salah satu implementasi Program Satu Data Indonesia.

"Adanya Desa Cantik ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas data secara umum dan mampu menyukseskan tujuan pembangunan sesuai SDG's Desa secara khusus," ungkap Iskandar selaku Kepala BPS Nunukan.

Senada dengan itu Kepala DPMD, Helmi Pudaaslikar meyakini bahwa eksistensi desa sebagai elemen pemerintah yang paling dekat dengan masyarakat perlu dilakukan pembinaan yang persisten.

Kegiatan Desa Cantik bertujuan untuk meningkatkan kualitas data statistik yang dihasilkan melalui peningkatan literasi, kesadaran dan peran aktif perangkat desa dan komunitas statistik desa.

Perlu diketahui untuk tahun anggaran 2024 ini sebanyak 30 desa di Kabupaten Nunukan yang menjadi percontohan Desa Cantik. Diantaranya Desa Binusan, kelurahan Tanjung Harapan, Kelurahan Nunukan Timur dan Nunukan Tengah.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala DPMD, Kepala BPS, Kepala Diskominfo beserta staf masing-masing

Teks/Foto : Asa Zumara, SS (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Asa Zumara, SS