Nunukan, SIMP4TIK – Jelang pemilihan umum (pemilu) Kepala Daerah (Kada) 2024, Bakesbangpol Nunukan jalin sinergitas dan koordinasi kepada pihak penyelenggara pemilu, diantarnnya penyelenggara (KPU), Pengawas (Bawaslu, DKPP, Gakkumdu), Pemerintah Daerah, Aparat Keamanan (TNI/Polri,Satpol PP,Satlinmas), Peserta (Parpol, Paslon caleg, Media) dan masyarakat.

“Dengan mengoptimalkan komponen penentu yang terlibat pada pelaksanaan Pemilu untuk mewujudkan pelaksanaan pemilu berjalan sesuai dengan fungsinya masing-masing, sebagaimna pemilu pada Februari 2024 sebelumnya, berkat Kolaborasi Pemerintah dengan stakeholder  Pelaksanaan Pemilu 2024 di Nunukan, baik pada tahap penghitungan suara sampai dengan pengumuman hasil, berjalan dengan aman, damai dan kondusif,” ucap Kepala Bakesbangpol Nunukan, Hasan Basri, Selasa (3/09/2024).

Lanjut Hasan, upaya yang dilakukan Bakesbangpol Nunukan untuk mewujudkan pemilu tertib, aman, lancar dan damai pada pilkada 2024 ini, Bakesbangpol sesuai tugas pokok dan fungsinya (tupoksi), juga melaksanakan tugas pemantauan pelaksanaan pemilukada yang sudah memasuki tahapan.

Selain melalui Bidang Poldagri, pemberdayaan dan pengawasan Ormas sesuai tupoksinya, juga telah dibentuk tim pemantau dan posko pemantaun di 21 Kecamatan di Kabupaten Nunukan.

“Bidang Poldagri yang memantau perkembangan partai politik kemudian persoalan pemilu dan pemilhan kepala daerah dan ini fungsinya memang malakukan pemantauan baik pada saat pelaksanaan pemilu sebelum dan sesudah. Sementara untuk Posko pemantauan tidak ada dibentuk dalam artian fisik tetapi masing-masing kecamatan dibawah koordinasi camatnya itu rutin melakukan pemantauan kemudian melaporkan ke kesbangpol,” terang, Hasan.

“Kalau upaya-upaya yang dilakukan oleh kesbangpol setiap tahun itu pasti ada, intensitasnya meningkat pada saat pemilu dan pada saat pemilihan kepala daerah, kita melakukan koordinasi dengan pihak penyelenggara, selain itu kita juga untuk mendukung keamanan kita juga menghibahkan dana untuk oprasional pengamanan selama tahapan pemilukada,” tambahnya.(*)

Teks/Foto : BD Novelinna (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom