SIMP4TIK News - H Jumianto SSos MM pada hari ini, Senin tanggal 21 Agustus 2023 mengakhiri masa pengabdian sebagai PNS setelah 38 tahun mengabdi. Sebagai wujud rasa syukurnya atas pengabdian yang cukup panjang dalam birokrasi, ia menggelar acara perpisahan di Aula Kantor Gabungan Dinas 1 pada Senin (21/8) pagi. 

Bupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid SE MM PhD, Ketua DPRD Nunukan Hj Rahma Leppa, Kepala Taspen Tarakan, Kepala Perangkat daerah, Perwakilan Polres dan KPU Nunukan dan sejumlah staf Inspektorat hadir dalam acara itu.  

Jumianto yang didampingi sang istri mengungkapkan Hj Basirah mengungkap beberapa pengalamannya yang sempat melintas dalam memorinya selama bertugas sebagai ASN baik sebelum Kabupaten Nunukan terbentuk maupun setelahnya.  

"Saya mengabdi dipemerintahan sejak tahun 1986 dan ditempatkan di Nunukan sebagai staf, dengan kondisi kecamatan Nunukan pada saat itu masih sangat terbatas infrastrukturnya," katanya.

Jumianto lalu menjelaskan tentang perjalanan karirnya yang dimulai di eselon V, kemudian secara bertahap sesuai dengan perkembangan Nunukan yang kemudian mekar dari Kabupaten Bulungan menjadi Kabupaten Sendiri,  karir Jumianto juga meningkat setahap demi setahap. 

"Saya juga pernah Camat, menjadi Sekretaris BKPSDM, Sekretaris Inspektorat, Pejabat Fungsional dan diberi amanah oleh ibu Laura sebagai Inspektur Kabupaten Nunukan, sampai saya purna tugas," katanya.  

Melakoni perjalanan panjang sebagai birokrat, Jumianto menjelaskan perlunya kehati-hatian terutama di dalam pelaksanaan program, kegiatan dan pengelolaan anggaran yang harus selalu mengikuti regulasi yang berlaku. 

"Sebagai ASN di dalam melaksanakan tugas dan fungsi harus selalu berpedoman kepada regulasi agar kita tidak mengalami masalah hukum dikemudian hari, karena bekerja dipemerintahan dasarnya adalah regulasi, dan setiap orang sebagai ASN diikat oleh regulasi," tambahnya. 

Ada banyak yang diceritakan Jumianto selama menunaikan tugas negara, yang dapat dipetik hikmahnya oleh ASN terutama yang hadir mendengarkan secara langsung. Pengabdian 38 tahun bukan waktu singkat, melewati sejumlah fase pemerintahan, dari Orde Baru hingga masa reformasi. 

Selama menjabat sebagai Inspektur, sejumlah perbaikan dan pembenahan serta capaian kinerja  dalam mewujudkan pemerintahan yang transparan dan akuntabel berhasil mendapatkan penghargaan. 

Penghargaan-penghargaan itu dibacakan Nana Sukarna SIP MSi saat mewakili pegawai Inspektorat Kabupaten Nunukan menyampaikan pesan dan kesan atas kepemimpinan H Jumianto di Inspektorat Kabupaten Nunukan.   

Meskipun tergolong ASN yang cukup senior dengan jabatan sebagai Inspektur, H Jumianto tidak membatasi diri untuk bergaul dengan pejabat dan staf yang lebih mudah. 

"Beliau orangnya hambel, murah senyum dan tidak pernah menjaga jarak, sehingga siapa saja yang berhubungan dengan beliau selalu merasa nyaman," ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Masniadi yang duduk disamping SIMP4TIK saat acara purna tugas berlangsung.(*).