SIMP4TIK News - Bantuan bahan makanan bagi korban tamah longsor di Krayan sudah dikirim ke Krayan melalui Pesawat Susi Air. Berdasarkan laporan yang disampaikan Hasanuddin AMd Kep Ketua Bidang Penangulangan Bencana Palang Merah Indonesia yang juga Pejabat di Lingkungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah melaporkan bantuan itu mengalami hambatan untuk sampai di titik tujuan. 

Melalui video yang diunggah pada group WA Palang Meran Kabupaten Nunukan, Hasan berserta dengan unsur TNI dan masyarakat berjibaku mengangkat barang bantuan tersebut melewati jalanan yang hancur akibat longsor dan basah. "Pikul bantuan bahan makanan en obat-obatan dari Long Bawang ke Long Layu di titik longsor Krayan Selatan," tulis Hasan. 

Dalam mengangkut bantuan itu BPBD didukung Tim dari TNI Polri serta relawan dari PMI Krayan serta masyarakat yang ada di sana. Kondisi jalan yang hancur akibat tanah lonsor membuat hubungan darat Long Bawang dan Long Layu terputus. Akibatnya kendaraan pengangkut bantuan tidak bisa lewat sebhingga satu-satu jalang yang ditempuh adalah dengan memikul bantuan tersebut. 

"Personil relawan PMI Krayan turut hadir bersama rekan -rekan dari TNI Polri memikul barang bantuan melewati jalan yang longsor," tambah Hasan. 

Sebagai informasi hujan deras yang menimpah Krayan Selatan beberapa hari yang lalu menyebabkan timbulnya bencana tanah longsor. Jalanan darat yang menghubungkan Long Bawang dan Long Layu terputus. Masyarakat korban longsor terisolasi sulit mendapatkan akses keluar dari Long Layu. Akibatnya terjadi kekurangan bahan makanan. 

Kondisi ini menjadi dasar Pemerintah Kabupaten Nunukan untuk memberlakukan tanggap bencana di bagi korban tanah longsor di Long Layu. Dengan penetapan tanggap bencana ini maka BPBD segera turun ke lokasi dengan membawa bantuan untuk menyarakat yang terdampak. (*)

Teks/Foto : Hermi Mastura, S,I.Kom (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )