SIMP4TIK News - Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Fitraeni SSos menegaskan pihaknya akan segera menerapkan administrasi perkantoran secara  elektronik di lingkungan Bapenda. Penerapan administrasi perkantoran secara elektronik untuk semua administrasi mulai dari surat-surat masuk, surat-surat keluar, telaahan staf maupun adminitrasi lainnya. 

Penerapan administrasi perkantoran secara elektronik ini menurut Fitraeni sesuai dengan imbauan dan harapan Bupati agar dapat mempercepat dan memudahkan di dalam pelayanan sekaligus menghemat waktu dan biaya.

"Kita sadari bahwa dewasa ini sistem layanan publik sudah menggunakan teknologi informasi sehingga memudahkan dan mempercepat pelayanan serta menghemat dari sisi waktu dan pembiayaan," katanya. 

Guna mewujudkan harapan itu, Fitraeni pada Rabu pagi (18/1) menghubungi Kepala Dinas Kominfo Kaharuddin via WA untuk dilakukan pendampingan tata cara menggunakan aplikasi Tanda Tangan Naskah Dinas Digitan (TNDD).

"Aplikasi ini kan sudah dilaunching ibu Bupati beberapa waktu lalu, sudah juga disosialisasikan penggunaannya, namun belum bisa diterapkan dengan baik, sehingga kami dari Bapenda meminta pendampingan khusus agar dapat diikuti Sekretaris, Pejabat fungsional dan staf Bapenda dan segera dapat diterapkan," ungkapnya.

Menyambut harapan Kaban Bapenda ini, Kadis Kominfo menugaskan Tim IT untuk melakukan pendampingan penggunaan aplikasi TNDD. Setelah sholat dhuhur, tim IT dipimpin Kabid Informatika Andi Akmal SKom MAP langsung melakukan pendampingan di ruang rapat Kepala Bapenda. Sosialisasi penggunaan TNDD dihadiri Kepala Bapenda, Sekretaris Bapenda Heberli SE MAP, para Kabid dan pejabat fungsional serta staf Bapenda. 

Setelah dilakukan sosialisasi yang dibawakan langsung Andi Akmal dilanjutkan dengan praktek penandatanganan surat secara elektronik dilakukan  Kepala Bapenda dan dikirimkan  ke Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang melalui aplikasi TNDD. Dalam waktu singkat proses admintrasi persurat mulai dari pendatanganan hingga pengiriman berlangsung sangat cepat, dalam hitungan detik notifikasi sudah  masuk ke akun Kadis Pekerjaan Umum. 

"Surat sudah langsung masuk ke Kadis PU disertai notifikasi melalui WA Pak Kadis, boleh dicek ke Pak Kadis PU sekarang,"  saran Akmal tersenyum. (*)

Foto : Adji Tim IT

Teks : Kaharuddin