SIMP4TIK News - Hujan deras dengan intensitas tinmggi yang terjadi Kamis sore (26/1) menyebabkan banjir di gang limau khususnya Kawasan kampus Politeknik Negeri Nunukan dan sekitarnya. Berdasarkan data yang dihimpun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nunukan terdapat dua rumah penduduk dan satu fasilitas Pendidikan yaitu Politeknik negeri Nunukan terendam.

“Banjir akibat intensitas hujan yang sangat tinggi sejak sore hari terjadi di RT 03 kelurahan Nunukan Selatan pada pukul 19.15 wita, dua rumah terendam dan satu fasilitas Pendidikan dengan ketinggian air rata-rata 1 meter, korban banjir 2 KK atau 13 jiwa dan tidak ada korban jiwa,”  ujar Kepala BPBD Nunukan Arief Budiman SP MAP.

Pihak BPBD menurunkan tim evakuasi untuk mengevakuasi korban banjir dari rumahnya  selanjutnya membawanya ke rumah keluarga korban banjir yang tidak terdampak banjir. “Tim evakuasi kami membawa korban beserta barang-barang korban ke rumah keluarga korban  yang tidak terdampak banjir untuk tinggal sementara sampai menunggu air surut,” tambahnya.

Selain melakukan evakuasi, tim BPBD juga melakukan edukasi kepada pemilik bangunan untuk lebih memperhatikan sanitasi daerah aliran sungai agar air tidak meluap bila intensitas hujan tinggi dan menyediakan titik evakuasi dititik titik rawan banjir.

“Selain itu kita juga melakukan patrol keliling secara rutin di titik rawan banjir,” imbuhnya.(*)

Teks/Foto : Arief Budiman SP MAP

Editor : KA Tokkong