SIMP4TIK News - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten  Nunukan melaksanakan simulasi tanggap bencana untuk meningkatkan kesiapsiagaan staf BPBD menghadapi potensi bencana hidrometerorologi di kompleks tempat wisata air terjun Binusan. Kegiatan ini berlangsung tanggal 30 Nopember - 2 Desember 2022.  
Kepala BPBD Arief Budiman SP MAP melalui relisnya kepada SIMP4TIK News menjelaskan dasar pelaksanaan kegiatan adalah Surat Menteri Dalam Negeri  ditujuakan kepada Gubernur, Bupati dan Walikota seluruh Indonesia,  Nomor 360/725/SJ tanggal 1 Nopember 2022 tentang Kesiapsiagaan menghadapi potensi bencana  hidro meteorologi. 
"Simulasi out  door untuk  meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana alam di daerah,  diharapkan ada peningkatan pengetahuan dan keterampilan bagi staf yg mengikuti kegiatan ini yg berjumlah 40 org  pada saat pra bencana, pada saat bencana dan pasca bencana," ungkapnya. 

Mantan Camat Sei Manggaris ini menambahkan staf BPBD Nunukan sebagai garda terdepan dalam penanggulangan bencana di Kabupaten Nunukan melalui simulasi ini akan meningkatkan kapasitas dan kepekaannya di dalam penanggulangan bencana serta  dapat berperan aktif dan siap  dalam menghadapi setiap bencana yang terjadi di Kab Nunukan. (*)

Teks/Foto : Ilham Waskitho, S.Tr. Anim (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )