Nunukan, SIMP4TIK - Badan Pusat Statistik Kabupaten Nunukan menggelar Pelatihan Kader Statistik Kabupaten Nunukan di Hotel Fortune Rabu (26/06/2024) diikuti 11 Peserta dari 8 Kelurahan, 1 Desa dan 2 Desa Persiapan serta 1 Orang dari Dinas Kominfo Nunukan. 

Pelatihan ini menurut Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Nunukan Iskandar Ahmaddien dilaksanakan secara online dan offline untuk desa-desa di Kabupaten Nunukan secara bertahap, diawali dari Pulau Nunukan, bertujuan untuk menghasilkan gold besar satu data desa dan kelurahan Kabupaten Nunukan. 

"Besok kita akan laksanakan di Sebatik untuk semua desa di lima kecamatan di Pulau Sebatik," katanya. 

Iskandar menambahkan satu data desa ini nantinya akan menjadi data dasar yang akan menggantikan monografi desa yang selama ini dipublis secara manual menjadi data desa digital yang ada dalam mall Data Kabupaten Nunukan, terintegrasi dalam aplikasi Satu Data Kabupaten Nunukan. 

"Output dari hasil pelatihan ini adalah data-data dasar sifatnya data digital desa dan masuk pada mall data Kabupaten Nunukan," katanya. 

Selain itu, Iskandar mengharapkan program ini berkelanjutan yang ditandai dengan tersedianya program dan kegiatan di perangkat teknis dinas dan badan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Nunukan.

"Jadi kader statistik desa sudah mampu dan akan lebih advance sehingga akan lebih mandiri di dalam melakukan survey ditingkat desa karena sudah dilengkapi template," katanya. 

Mewakili Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Fery Wahyudi salah satu Kabid memberikan apresiasi atas pelatihan ini karena akan mendorong tersedianya data yang ter-update sebagai dasar di dalam penyusunan kebijakan pembangunan desa. 

"Tersedianya data terupdate dari hasil pelatihan kader statistik desa ini akan menjadi dasar di dalam penyusunan program pembangunan desa, sehingga penyusunan program pembangunan desa sudah berbasis data yang akurat," katanya. 

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Nunukan Kaharuddin menyampaikan ucapan terima kasih kepada BPS Kabupaten Nunukan atas pembinaan statistik sektoral di lingkungan Pemkab Nunukan. 

"Terima kasih tentu perlu disampaikan kepada BPS Kabupaten Nunukan sehingga tahapan-tahapan Satu data Kabupaten Nunukan bisa dilaksanakan termasuk melibatkan kader satu data dari desa dan kelurahan untuk mendukung Mall Data Kabupaten Nunukan," katanya.(*)