SIMP4TIK News -  Dinas Kominfo Statistik dan Persandian adalah salah satu Perangkat Daerah selain Inpektorat, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) dan Camat Sebatik Tengah dimasukan sebagai tim oleh KPK RI untuk mempersiapkan Desa Sungai Limau sebagai Desa Anti Korupsi. 

Tugas Dinas Kominfo di dalam Tim itu sesuai dengan tugas dan fungsi Dinas Kominfo khusunya dibidang digitalisasi dan publikasi kegiatan. Dibidang digitalisasi, Dinas Kominfo telah memfasilitasi Kementerian Kominfo untuk mengaktifkan domain desa Sungai Limau pada website desa.id yang dibangun dan dikembangkan Kementerian Kominfo. 

"Sebenarnya bidang Informatika bisa saja mendevelop (memabngun website sendiri untuk desa Sungai Limau, namun ada edaran dari kementerian Kominfo untuk menggunakan website desa.id, sehingga kita menyurat ke kementerian untuk mengaktifkan domain sungailimau.desa.id," ungkap Kabid Informatika diiyakan fungsional ahlimuda pranata komputer Rahmansyah SKom. 

Melalui surat itu, Kementerian Kominfo menyediakan website untuk Desa Sungai Limau dengan nama domain sungailimau.desa.id yang sudah dapat diakses oleh masyarakat. 

Selain itu, Bidang Informatika juga membina agen digital desa yang nantinya akan mengelola website desa dan tanda tangan naskah dinas digital. Pembinaan agen digital desa dilakukan dalam bentuk pelatihan selama dua hari di Dinas Kominfo serta praktek di Desa Sungai Limau. 

Pada pelatihan itu, juga diberikan materi tata cara penulisan berita atau informasi desa yang akan diupload di website desa yang sampaiukan oleh Bidang Informasi, komunikasi publik. 

Setelah pelatihan itu, agen diigital desa sudah melaksanakan tugas dengan terkelolanya website desa serta penerapan tanda tangan digital di dalam pengelolaan administrasidesa. Selain itu juga dilakukan publikasi melalui portal berita SIMP4TIK berita.nunukankab.go.id kegiatan poembinaan selama persiapan Desa Sungai Limau sebagai Desa Anti Korupsi.(*) 

Teks/Foto : Hermi Mastura, S,I.Kom (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )