SIMP4TIK News -  Gerakan untuk meningkatkan kesadaran hidup sehat terus dikampanyekan Pemerintah Kabupaten Nunukan. Kegiatan yang dikoordinir Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana ini dilakukan desa Desa Ajikuning Kecamatan Sebatik Tengah, Jumat (22/9).

Kegiatan ini dihadiri Sekretaris Daerah Serfianus SIP MSI, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Nunukan Hj Kustawarwati Hanafiah, Ketua Dharma Wanita Persatuan Katrina Sopha Juana Serfianus, Camat Sebatik Tengah Aris Nur SSTP MAP, Kepala Dinas Kominfo Kaharuddin, Direktur Rumah Sakit Umum Daerah dr H Dulman, SPOG, MKes, Kabid IKP Diskominfo Mursan Sakka, Kepala Desa se-Kecamatan Sebatik Tengah, Pimpinan Puskesmas, Tim Penggerak Kecamatan danDesa, Masyarakat, Guru  serta anak-anak sekolah. 

Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Hj Miskiah SSi MM melaporkan pelaksanaan kegiatan kampanye Gerakan Masyarakakat Hidup Sehat bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berperilaku hidup sehat. 

"Ditengah kehidupan yang semakin modern saat ini, masyarakat dihadapkan pada berbagai kesibukan sehingga kadang agak sulit menyiapkan waktu untuk melakukan aktivitas yang dapat menunjang peningkatan kesehatannya," katanya. 

Di dalam Germas ini kampanye hidup sehat dicontohkan Hj Miskiah seperti melakukan aktivitas fisik setiap hari, membiasakan makan buah dan sayuran, tidak merokok, melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala, menjaga kebersihan lingkungan dan menggunakan jamban sesuai standar kesehatan. 

Bupati Nunukan HJ Asmin Laura Hafid SE MM PhD melalui Sekretaris Daerah Serfianus SIP MSi menyambut baik diadakannya kegiatan Kampanye Germas ini, karena menjadi wahana bagi pemerintah untuk mensosialisasikan pentingnya menjaga  kesehatan masyarakat. 

"Kegiatan ini tentu perlu diapresiasi dengan baik karena melalui kampanye germas ini, masyarakat diajak untuk meningkatkan derajat kesehatannya melalui sejumlah aktivitas yang sesuai dengan standar kesehatan," katanya. 

Sebelum seremoni acara dimulai,  dilakukan sejumlah kegiatan seperti pemeriksanaan kesehatan secara gratis yang dilakukan oleh Tim dari Dinas Kesehatan, senam pagi dan kampanye cinta rupiah serta sejumlah permainan yang meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan. 

Setelah seremoni kegiatan dilanjutkan dengan pengumuman hasil lomba Kreasi menu sehat berbahan pangan lokal yang disambut penuh antusias para peserta. Setelah pengumuman,  pangan lokal ini dapat dicicipi undangan sekaligun dapat menikmati buah-buahan yang dipamerkan bahkan dapat dibawa pulang. 

"Soal menang atau tidak, yang penting bagi kami disini bagaimana meramaikan kegiatan ini sekaligus makin mengenalkan buah-buahan lokal yang seratos persen dihasilkan petani buah di Sebatik Tengah ini," ujar Mardin Kepala Desa Sei Limau. (*)