SIMP4TIK NEWS - Krayan, salah satu wilayah di Kabupaten Nunukan yang masih lekat dengan tradisi budayanya. Salah satunya adalah menyumpit. Sumpit merupakan alat tradisional yang dipergunakan suku Dayak untuk berburu binatang di hutan. Sumpit terbuat dari pohon kayu yang keras. Bentuknya bulat dengan panjang mencapai 2 meter, diameter batang 2 cm, dan diameter lubang 1 cm. Untuk membuatnya butuh ketelitian agar akurasinya baik. Saat ini, menyumpit merupakan salah satu olahraga tradisional. Festival Olahraga Tradisional Krayan yang dihelat oleh Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Nunukan pada 21-23 Agustus lalu, salah satunya mempertandingkan lomba menyumpit.

Sekretaris Daerah Kabupaten Nunukan Serfianus, S.IP., M.Si yang  sekaligus juga sebagai Sekretaris Umum KORMI Nunukan, menunjukkan kelihaiannya dalam menyumpit. Sumpit yang dilepas mengenai balon yang telah dipasang di pohon bambu, menunjukkan bahwa kegiatan tersebuk resmi dimulai. Begitu juga Wakil Gubernur Kalimantan Utara Dr. Yansen TP, M.Si sekaligus sebagai Ketua KORMI Provinsi Kalimantan Utara yang hadir pada hari kedua kegiatan, menunjukkan kepiawaiannya dalam menyumpit ketika menutup kegiatan Fest Otrad Krayan 2023.

Menurut Ketua Kormi Nunukan H. Andi M.Akbar M. Djuarzah, menyumpit akan dijadikan sebagai salah satu lomba yang bisa diikuti oleh kontingen Nunukan pada gelaran Festival Olahraga Masyarakat tingkat Nasional (FORNAS). 

"Mudah-mudahan kita bisa mengirim atlet menyumpit kita, untuk dipertandingkan di Fornas VIII di Nusa Tenggara Barat tahun 2025 mendatang. Karena potensi kita dalam lomba menyumpit sangat besar, terlihat dari banyaknya peserta dan hasil lomba yang kita gelar saat ini,' ujar pria yang kerap di sapa Abe ini.

Pada gelaran Fest Otrad Krayan kali ini, terdapat 75 tim, terdiri dari 15 tim yang berasal dari 5 kecamatan yang ada di krayan. Tim menyumpit dari Kecamatan Krayan Selatan menjadi juara lomba menyumpit kali ini dengan total nilai 1.780 poin .

 

Teks/Foto : Ilham Waskitho, S.Tr. Anim (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )