Nunukan, Simp4tik - Dinkes P2KB Bidang Promosi Kesehatan dan Sistem Informasi Kesehatan membagikan buku bacaan kader dengan satu paket yang terdiri dari enam tema, Kamis (25/1/2024) di Kantor Dinkes P2KB.

Tema paket yakni Pemberian Makanan Bayi dan Anak (PMBA), Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), Jangan Sebar Kotoranmu! Ayo Pakai Jamban Sehatmu, Pos Pelayanan Terpadu, Tablet Tambah Darah (TTD), Kelas Ibu Hamil.

Buku kader ini di bagikan untuk setiap puskesmas yang ada di Kabupaten Nunukan dengan jumlah 419 paket buku kader posyandu.

Pembagian buku kader merupakan langkah nyata untuk memberdayakan masyarakat. Melalui literasi kader posyandu berharap dapat memberikan dorongan positif untuk meningkatkan Kesehatan dan pengetahuan kader posyandu.

Koordinator Bidang  Promkes SIK, Selamat mengatakan, pada 2024 dalam rangka posyandu terintegrasi, setiap kader posyandu harus menguasai 25 keterampilan kader. Untuk menunjang pengetahuan keterampilan kader di lapangan perlu melakukan sosialisasi. Jadi selain kita melakukan bimtek melalui pelatihan langsung, kita juga membagikan kepada kader buku pegangan untuk buku bacaan mereka.

"Disini Dinkes P2KB memfasilitasi mengadakan buku pegangan kader agar semua posyandu  sesuai dengan peraturan kemenkes, menjadi posyandu terintegrasi sehingga masyarakat mendapatkan layanan siklus hidup dalam satu posyandu," ujar Selamat.

Kader posyandu adalah ujung tombak untuk menjalankan program pemerintahan di bidang Kesehatan.

Teks/Foto : Putri Sartika Dewi Permata Sari (Tim Publikasi DINAS KESEHATAN PENGENDALIAN PENDUDUK & KELUARGA BERENCANA )