Nunukan, SIMP4TIK - Finalis Duta Baca Kabupaten Nunukan tidak datang sendiri ke Nunukan. 13 Duta Baca ini didampingi pendamping yang berasal dari sekolah dan Kantor Kecamatan asal peserta. 

Para pendamping itu adalah Salma SPd dari Kec Sebatik, Suryadi SE Kec Sebatik Utara, Agustina Wokal, SIP Kec Sei Manggaris, Ratnawati Kec Lumbis, Astuti SiP Kec Sebuku, Ust Farhan SPD MAP Muhammad Arham SSos Kec Sebatik Barat. 

Dari pantauan SIMP4TIK, para pendamping ini ini mengikuti pembekalan mulai dari materi siang hingga materi yang berlangsung malam hari. 

"Kami pendamping berharap bisa tambah wawasan berkaitan Duta Baca ini, termasuk pingin tahu materi-materi yang disampaikan kepada peserta," ungkap Salma SPd dari Kecamatan Sebatik. 

Salma mengungkap, banyak hal positif mengikuti pembekalan ini. Seperti materi publik speaking tadi siang yang dipresentasikan MC profesional. 

"Jujur banyak informasi bermanfaat yang dapat diambil dari materi publik speaking ini," katanya menambahkan materi lainnya juga pasti sangat bermanfaat. 

Salma yang duduk di bagian belakang saat materi dari Yayasan Litara berlangsung, berharap kedepan Pemilihan Duta Baca ini dilakukan untuk semua jenjang pendidikan.SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi. 

"Biar semangatnya bisa menggugah peserta didik yang lain untuk gemar membaca, atau menjadikan membaca sebagai satu kebiasaan yang menyenangkan," harapnya. 

Masalah yang masih terjadi di kalangan peserta didik adalah masih ada yang tidak bisa menjelaskan kembali apa yang sudah dibacanya. 

"Dengan adanya duta baca ini kami berharap bisa menularkan pengetahuannya tentang literasi dan manfaatnya kepada peserta didik tersebut," katanya. (*)