PUSINFO- KWARCAB NUNUKAN- Sejumlah pengurus Pengakap Malaysia, Daerah Tawau, hadir pada pembukaan Perkemahan Penegak Pandega Aksi Ceria (PEACE) VII Tahun 2023, Senin (20/11/2023) pagi di Lapangan Utama Bumi Perkemahan Embung Sungai Fatimah, Desa Ujang Fatimah, Kecamatan Nunukan.
Kehadiran para Pengakap inipun menarik perhatian para Pramuka Penegak dan Pandega peserta kegiatan itu. Usai upacara, para peserta maupun tamu yang hadir, secara bergantian memanfaatkan kesempatan yang jarang ini untuk meminta berfoto dengan para Pengakap. 
Pengakap yang hadir hari ini diantaranya 
Ketua Pesuruhjaya Pengakap Kawasan (Zon 1) Tawau, H Arbin H Setta, ADC Tawau Abd Kahar Alex dan Abd. Kahar, Penolong Pesuruhjaya Daerah Balung, Jalil, Shaharuddin dan Haslina. Yang menarik pada kegiatan ini, Sangga Kerja memberikan kesempatan kepada para peserta untuk mewawancarai Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka dan Komandan Lanal Nunukan. Ini juga bagian dari reportase, yang ikut diperlombakan pada kegiatan dimaksud.
Arbin Setta saat diberikan kesempatan menyampaikan sambutan pada pembukaan PEACE VII mengatakan, pihaknya selalu berupaya menjaga silaturahmi antara Pengakap Malaysia dan Pramuka di Indonesia. Diapun mengungkapkan, Pengakap akan berpartisipasi pada Jambore Cabang Nunukan yang rencananya digelar tahun depan. 
"Kami akan menurunkan beramai- ramai untuk Jamcab tahun hadapan," ujarnya.
Kegiatan ini dibuka Wakil Bupati Nunukan selaku Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Nunukan, Hanafiah.
Hanafiah mengatakan, PEACE VII digelar untuk mengasah  keterampilan Penegak dan Pandega di Kabupaten Nunukan, sehingga mereka memiliki kemampuan yang lebih baik. Diharapkan kemampuan dan keterampilan dimaksud terus meningat dalam rangka menyiapkan generasi muda yang lebih baik lagi. 
"Tahun ini peserta bukan hanya didominasi dari dua, Pulau Nunukan dan Pulau Sebatik.  Tetapi ada dari daratan Kalimantan. Saya kira ini adalah hal yang sangat menggembirakan kita, karena mereka mau meluangkan waktu bersama -sama kita yang ada di Pulau Nunulan. Kita berharap kedepan lebih banyak peserta dari daratan Kalimantan," ujarnya.
Sebanyak 16 gugusdepan dari pangkalan SMA, SMK dan MA dilingkungan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Nunukan berpartisipasi pada kegiatan ini.
Kegiatan yang berlangsung 19- 23 Nopember 2023 ini diikuti 357 Penegak dan Pandega dengan 31 pendamping. 
Selama kegiatan peserta mengikuti 20 lomba, 10 kegiatan wawasan kebangsaan, 3 permainan persaudaraan untuk peserta dan 6 permainan persaudaraan untuk pembina pendamping. (*)

Tim Pusinfo Kwarcab Gerakan Pramuka Nunukan

Teks/Foto : Firmansyah (Tim Publikasi KWARTIR CABANG GERAKAN PRAMUKA NUNUKAN )