SIMP4TIK News - Pemerintah Kabupaten Nunukan akan menggelar kegiatan takbir keliling sebagai bagian dari syiar Islam  menyambut datangnya Idul Fitri 1 syawal 1444 Hijriyah. Hal ini disampaikan Asisten Pemerintahan dan Kesra Abdul Munir ST MAP saat memimpin rapat rencana pelaksanaan kegiatan takbir keliling di ruang kerjanya Senin (17/4). 

"Tahun ini kita akan mengadakan Takbir Keliling untuk menyambut datangnya 1 syawal 1444 hijriyah dengan melibatkan ormas Islam dan Pengurus Masjid dan Mushollah di Pulau Nunukan dengan total hadiah 20 juta rupiah," ungkapnya. 

Munir menambahkan untuk takbir keliling nantinya akan dilakukan penilaian kendaraan hias dengan kriteria penilaian akan dirapatkan tersendiri oleh panitia seksi perlombaan dengan melibatkan anggota juri di dalam menentukan kriteria penilaian. 

Adapun rute yang akan ditempuh Munir mendengarkan masukan dari Polres Nunukan dan Dinas Perhubungan. Dari Polres yang diwakili Kabag OPS Polres Nunukan AKP Berlin memberikan masukan agar jalur yang akan dilewati tidak terlalu jauh. "Kita harus mempertimbangkan soal keamanan dan keselamatan serta waktu tempuh karena peserta esoknya akan berlebaran," jelasnya.  

Harapan yang sama juga disampaikan pembicara yang lain seperti Kabag Prokopim Joned SHut MAP dan Kabid Darat Dishub Mahyuddin ST dan yang mewakili Kementerian Agama Kabupaten Nunukan H Syaid. 

Setelah mendengarkan masukan itu, mantan Kadis Nakertrans Kabupaten Nunukan ini menjelaskan rute yang akan dilalui peserta. "Peserta start di Paras Perbatasan terus belok kiri di depan Pelabujan Tunon Taka masuk jalan Pelabuhan Baru - TVRI - Ahmad Yani belok kiri Alun-Alun, Jalan Pasar Lama terus belok kanan jalan Pasar Yamaker belok kanan menuju ruko Liem Hie Jung untuk finis," katanya. 

AKP Berlin menambahkan, pihaknyaa sudah siap di dalam melaksanakan pengamanan lebaran. Ada 300 pasukan yang sudah disiapkan untuk menjamin rasa aman pelaksanaan idul fitri di Nunukan. "Kami didukung Satpol PP, Pemadam Kebakaran beserta satuan lain yang tadi pagi sudah dilakukan gelar apel persiapan pengamanan lebaran di Mapolres," katanya. 

Menurut mantan Kapolsek Sebatik ini, perlu disampaikan imbauan kepada masyarakat agar di dalam mengikuti atau menyaksikan jalannya takbir keliling ini masyarakat mengutamakan keselamatan diri. "Kami harap Diskominfo Nunukan mensosialisasikan kepada masyarakat perlunya mengutamakan keselamatan diri di dalam melaksanakan Pawai Takbir keliling ini," harapnya. 

Terkait jadwal pelaksanaan kegiatan, Munir menjelaskan menunggu kepastian dari Kementerian Agama yang rencananya akan rapat isbat pada hari Kamis ini. "Soal kepastian pelaksanaan kegiatan, antara tanggal 21 atau tanggal 22 April, namun kepastiannya kita tunggu hasil rapat isbat kementerian Agama," katanya menambahkan agar Kabag Kesra mengkoordinir persiapan untuk pelaksanaan kegiatan takbir keliling ini. (*)