Sebuku, SIMP4TIK - Sejak beroperasi dua tahun terakhir, Rumah Sakit Pratama Sebuku sedang mempersiapkan diri untuk naik ke tipe C. Hal ini disampaikan Direktur RS Pratama Sebuku dr Syaifuddin Noor saat berbincang dengan Kadis Kominfo Kaharuddin Rabu (22/05/2024).

Menurut Syaifuddin, RS Pratama Sebuku berpotensi besar untuk segera meningkatkan griddnya dari tipe D ke tipe C. Selain fasilitas gedung yang cukup memadai, juga persyaratan ruang rawat yang memenuhi syarat. 

"Yang belum tersedia adalah adanya minimal tiga dokter ahli atau spesialis yang menjadi persyaratan dasar untuk meningkatkan kelas RS Pratama Sebuku ini," ungkap Dokter yang pertama kali mendapat amanah untuk memimpin RS ini sejak awal. 

 Dokter Syaifuddin sudah menyampaikan  ke Dinas kesehatan Kabupaten Nunukan menyampaikan hal tersebut dan juga sudah bersurat kepada Kementerian Kesehatan Republik Indonesia untuk menempatkan dokter ahli yang dibutuhkan di Rumah Sakit Pratama ini. 

"Target awal kami segera melengkapi semua persyaratan dasar yang dibutuhkan untuk memenuhi syarat ke tipe C dengan melaporkan kebutuhan minimal tiga dokter ahli berbeda ke Dinas kesehatan Nunukan dan ke Kementerian Kesehatan," katanya. 

Peningkatan status RS Pratama ini menurut Syaifuddin, sangat penting karena layanan kesehatan setingkat Rumah Sakit tipe C hanya ada di pulau Nunukan dan di Malinau, jaraknya sangat jauh dari Kecamatan Sebuku, Sembakung dan Tulin Onsoi. 

"Rumah Sakit ini posisinya sangat strategis, letaknya yang dekat dengan permukiman masyarakat khususnya di tiga kecamatan yaitu Kecamatan Sebuku, Kecamatan Sembakung dan Tulin Onsoi," katanya. 

Syaifuddin mengungkap, pihak perusahaan yang berlokasi di tiga wilayah Kecamatan itu akan membawa karyawannya yang sakit untuk melakukan pengobatan dan perawatan di Rumah Sakit Pratama Sebuku jika sudah dilengkapi dengan dokter ahli yang dibutuhkan. 

"Pihak perusahaan menyampaikan berani membawa karyawannya yang sakit ke RS ini apabila sudah ada dokter ahli yang menangani," tambahnya. 

Sejak dioperasikan RS Pratama Sebuku saat ini didukung 4 tenaga dokter dan seratus karyawan yang terdiri atas tenaga kesehatan, paramedis dan tenaga administrasi. (*)

Foto : Vero Paula

Teks/Foto : Asa Zumara, SS (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )