Nunukan, SIMP4TIK - Sekretaris Daerah Serfianus SIP MSi atas nama Bupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid SE MM PhD membuka Rapat Konsultasi II Penyusunan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Menengah Daerah (RPJMD) di Ruang Rapat Lantai IV, Kamis (11/06/2024). 

Menurut Serfianus pelaksanaan Konsultasi Publik II merupakan bagian dari tahapan Konsultasi Publik untuk penyusunan KLHSRPJMD yang akan menjadi dasar pada pelaksanaan program pembangunan ke depan agar tidak bertentangan dengan konsep pengelolaan lingkungan hidup. 

"Kita butuh konsep yang jelas terkait pengelolaan lingkungan hidup sehingga di dalam pelaksanaan pembangunan ke depan betul-betul memiliki dasar pengelolaan lingkungan hidup yang kuat dan jelas," katanya. 

Pada kesempatan ini, Serfianus mengimbau para perserta untuk bisa mencermati isu-isu yang sedang ter berlangsung agar dapat menjawab fenomena dan masalah terkait di masa depan. 

Disamping itu Sekda berharap dari isu-isu tersebut para peserta Konsultasi Publik ini bisa memberikan masukan kepada Nara Sumber dan Konsultan untuk dapat menjadi bahan yang melengkapi konsep kajian lingkungan strategis yang sedang disusun. 

"Berikanlah masukan kepada nara sumber dan konsultan agar dapat melengkapi data dan informasi yang urgen untuk dimasukkan pada kajian lingkungan strategis RPJMD tahun 2024-2029," harapnya. 

Dua orang hadir sebagai nara sumber adalah DR Adhe Suharto MSi dari (P3EK) yang hadir secara daring  dan DR IR Oyo Rusdiana Mc Pra yang hadir secara luring, sedangkan para peserta berasal Perangkat Daerah Nunukan, Akademisi, dan utusan instansi vertikal. 

Beberapa hal yang disampaikan nara sumber antara lain isu-isu strategis lingkungan hidup di Kabupaten Nunukan serta potensi dan masalah lingkungan hidup sebagai kawasan daerah perbatasan. Diskusi berlangsung cukup cair dengan sejumlah masukan dari peserta

Rapat Konsultasi Publik ini berlangsung secara dari dengan luring..(*)

Teks/Foto : Ilham Waskitho, S.Tr. Anim (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )