SIMP4TIK News - Diujung pelaksanaan fest Otrad Krayan,  sejumlah kegiatan digelar berlangsung meriah. Digelar senam Yameto, Zumba juga senam kesegaran jasmani dan gerak jalan santai.  Ribuan masyarakat larut dalam suasa gembira mengikuti  acara-acara yabg berpusat di Lapangan Sepak Bola Yuvai Semaring Rabu (23/8)

Setelah itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Nunukan Serfianus mewakili Bupati Nunukan  menyerahkan penghargaan Tokoh Konservasi dan Pelestari Budaya Lundayeh kepada Ellyas Yesaya.

Ketua Komite Olah Raga Masyarakat Indonesia  (KORMI) Kabupaten Nunukan H Andi Muhammad Akbar M Juarzah SE MM menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk mempertahankan olah raga tradisional masyarakat Indonesia sebagai jati diri bangsa di beranda depan NKRI. 

Menurut Andi Akbar, kegiatan ini sebagai momentum untuk membangkitkan semangat olahraga tradisional dengan memperkokoh karakter bangsa indonesia, di tengah arus digitalisasi yang membuat masyarakat lebih memilih rebahan daripada beraktivitas.

"Dengan olahraga tradisional ini tentunya akan membuat kita lebih tangkas dalam bergerak, lebih mengasah kemampuan kita untuk terus menjaga budaya leluhur yang ada. Selain itu kita menyadari dalam olahraga tradisional ini memiliki akses langsung kepada sektor ekonomi kerakyatan yang ada dalam setiap even yang kita laksanakan," ujarnya. 

Akbar berharap,  kegiatan ini nantinya bisa berdampak secara positif kepada sektor ekonomi masyarakat yang ada di seputar kegiatan berlangsung. Festival olahraga tradisional masyarakat di Krayan ini bagian dari program unggulan KORMI Kabupaten Nunukan untuk menggelorakan semangat olahraga tradisional sebagai simbol kekuatan dan jati diri bangsa.

"Kegiatan olahraga tradisional ini juga menjadi sarana silaturahmi masyarakat serta pemerintah untuk meningkatkan keutuhan dan semangat Integritas Kebangsaan yang maju, berkembang dan berkarakter," harapnya. 

Menuuuurut Wakil Ketua DPRD Kaltara ini, para peserta sudah mengikuti aneka lomba semoga membuat hati  senang dan bahagia, mengasah ketangkasan dan juga menjaga tradisi, karena juga digelar oalah raga tradisional seperti lomba menyumpit,tarik tambang dan Tombak.

Di lanjutkan dengan pembagian hadiah para - para juara yang ada di 5 kecamatan di dataran tinggi Krayan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua KORMI Provinsi Kalimantan Utara sekaligus Wakil Gubernur Kalimantan Utara Dr. Yansen, Ketua KORMI Kabupaten Nunukan sekaligus Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Utara H. Andi M. Akbar, Sekretaris Daerah Kabupaten Nunukan sekaligus Sekretaris Umum KORMI Kabupaten Nunukan Serfianus, Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Utara Marli Kamis.

Hadir juga Ketua DPRD Kabupaten Nunukan yang diwakili Ahmad Triyadi, Ketua KONI Kabupaten Nunukan Samran Nur Alim, Unsur Forkopincam, Unsur Instansi Vertikal, Kepala OPD Kabupaten Nunukan, seluruh Camat Krayan, Ketua DWP Kabupaten Nunukan Katriana Sopha Juana, Kepala Adat Krayan Darat, Pengurus KORMI Kabupaten Nunukan, Korwil KORMI Kecamatan Krayan, Tokoh Adat, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.(*)

Teks/Foto : Andi Firman (Prokopim)