SIMPATIK News - Bupati Nunukan Hj Asmin Laura SE MM PhD menyatakan sejumlah program pembangunan dibidang Pendidikan tahun anggaran tahun 2022 sudah tuntas dilaksanakan. Program pembangunan ini meliputi Pembangunan Ruang Kelas Baru di tingkat TK dan SMP,  rehab Ruang Kelas, Pembangunan Gedung Laboratorium dan Taman Bermain untuk Taman Kanak-Kanak dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) baik negeri dan swasta.

Pembangunan sarana dan prasrana penyelenggaraan Pendidikan itu berlangsung di  sejumlah wilayah Kecamatan di Kabupaten Nunukan seperti Kecamatan Nunukan, Sebatik Timur ,  Kecamatan Sei Manggaris, Kecamatan Sebuku dan Kecamatan Lumbis.  “Pembangunan sarana dan prasaran penyekenggaraan Pendidikan ini, tidak hanya dilakukan untuk sekolah-sekolah negeri atau penyelenggara Pendidikan negeri tetapi juga untuk sekolah-sekolah swasta atau penyelenggara Pendidikan swasta,” jelas Laura.

Adapun Taman Kanak-Kanak yang ditngkatkan sarana dan parasarana pendidikannya adalah  pembangunan ruang praktek computer SKB Nunukan, pembangunan area bermain TK Setia Negara Nunukan, Pembangunan ruang Kepala Sekola/Guru TK Islam Handayani, , Pembangunan UKS TK Fransisco Yashinta Nunukan, Pembangunan Ruang UKS TK pembina Nunukan, Pembangunan Area Bermain TK Tunas Rimba Nunukan, Pembangunan ruang UKS TK Annur Sebatik Barat, Pembangunan Ruang UKS TK Nurul Al A’laa Sebatik dan Pembangunan area bermain TK Pembina Sebatik Utara.

Pada jenjang Pendidikan SMP, juga dilakukan pembangunan sarana dan prasarang Pendidikan antara lain Rehab ruang Kelas SMP 1 Nunukan Selatan, Rehab Lab Komputer IPA SMP 1 Nunukan Selatan, Rehab Lab IPA SMP 1 Nunukan Selatan, Rehab ruang kelas belajar, Rehab Perpustakaan, Rehab Lab Komputer dan Pembangunan ruanag kelas belajar SMP Negeri 1 Lumbis, Pembangunan RKB SMP 2, Pembangunan Lab Komputer, Pembangunan Lab Komputer SMPN 2  SEBUKU, Rehab Perpustakaan SMPN, REHAB. Laboratorium IPA SMPN I  SEI MANGGARIS, Rehab RKB SMPN 2 SEI MANGGARIS, Pembangunan UKS SMPN 3, Pembangunan Rumah Dinas SMPN 3, Pembangunan Gedung Tata Usaha SMPN 3 dan Pembangunan Laboratorium IPA SMPN 3 SEI MANGGARIS.

“Pembangunan sarana dan prasarana Pendidikan di semua jenjang Pendidikan yang menjadi kewenangan Pemerintah Daerah secara perlahan kita lengkapi dan tingkatkan kualitasnya agar dapat menunjang peningkatan kualitas penyelenggaraan Pendidikan yang akan mendukung peningkatan kualitas Pendidikan  di Kabupaten Nunukan,” jelas Laura.

Bupati menjelaskan bidang Pendidikan selain pembenahan dilakukan pada bidang infrastruktur dan suprasruktur Pendidikan. Bidang infrastruktur Pendidikan meliputi sarana dan prasarana Pendidikan sedangkan suprastruktur meliputi tenaga kependidikan. “Selain bidang Kesehatan dan infrastruktur fisik lainnya, bidang Pendidikan menjadi perhatian khusus pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan dan mencerdaskan masyarakat ssekaligus sebagai bentuk mewujudkan aspirasi masyarakat di Kabupaten Nunukan,” tambahnya. (*)

Teks/Foto : Ilham Waskitho, S.Tr. Anim (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )