SIMP4TIK News - Wakil Bupati Nunukan H Hanafiah SE MSi melepas kontingen Jumba Bhakti Gembira (Jumbara) Palang Merah Remaja (PMR) Kabupaten Nunukan untuk mengikuti Jumbara Nasional yang akan berlangsung di Propinsi Lampung tanggal 2 - 10 Juli mendatang. 

Pelepasan itu berlangsung di rumah Dinas Wakil Bupati di sela-sela  open House hari raya idul qurban pada Kamis (28/6)Wakil Bupati didampingi Ketua PMI Kabupaten Nunukan Kaharuddin, Ketua PMI Kecamatan Sebatik Barat Anwar, S.Pd, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Arief Budiman SP MAP, dan Kepala Markas PMI Nunukan H Ashar Azis. 

Kepada peserta dan dan pendamping peserta Jumbara, Wakil Bupati berpesan untuk menggunakan kesempatan ini menambah dan meningkatkan pengetahuan dan wawasan di dalam melaksanakan tugas sebagai anggota Palang Merah Remaja dan menjaga dengan baik peserta Jumbara dari Nunukan. 

"Dalam Jumbara Nasional di Lampung, para peserta akan berinteraksi antara satu dengan yang lain yang berasal dari berbagai propinsi bahkan saya dengar ada juga dari luar negeri, guinakanlah kesempatan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan agar nantinya dapat berguna terutama untuk Palang Merah Remaja dan untuk masa depan kalian," pesannya. 

Menurut Hanafiah, aktifitas kepalangmerahan sama dengan kepramukaan akan banyak memberikan manfaat bagi generasi muda, karena bisa menjadi wahana untuk pendidikan karakter, membangun kepekaan dan kepedulian, sehingga dapat bermanfaat bagi generasi muda ke depan. 

 "Aktivitas seperti ini mengandung nilai positif yang luar biasa, di masa depan akan memberikan manfaat karena menjadi bagian dari pendidikan karakter sekaligus melatih kepekaan generasi muda terhadap problematika sosial yang terjadi di sekitarnya," katanya. 

Perjalanan ke Lampung di pulau Sumatera adalah rute yang cukup panjang tentu membutuhkan kesiapan energi yang baik agar stamina dan kesehatan peserta Jumbara tetap terjaga. Kondisi itu menurut Wakil Bupati para peserta harus menjaga kesehatan, menjaga diri dengan baik mulai dari pemberangkatan, selama perjalanan, saat pelaksanaan kegiatan sampai kembali ke Nunukan. 

"Kepada pendamping tolong jaga adik-adiknya dengan baik, ingat orang tua mereka sudah menitipkannya untuk mengikuti Jumbara ini, dan kepada anak-anakku peserta Jumbara jaga diri dan kesehatan kalian, patuhi bimbingan dan arahan pendamping, dan jaga sikap selama mengikuti Jumbara di Lampung," pesan Hanafiah. 

Sugianto dan Ignasius adalah dua orang Pembina Palang Merah Remaja dari PMI Nunukan yang menjadi pendamping melaporkan kepada Wakil Bupati melalui Ketua PMI Nunukan Kaharuddin, jumlah peserta Jumbara dari Nunukan sebanyak 8 orang dengan rincian 6 orang peserta yang berasal dari PMI Wira dan Madya dan 2 orang pendamping dari PMI Nunukan. 

"Peserta dari Nunukan sebanyak 6 orang, terdiri atas tiga orang dari PMR binaan PMI Kecamatan Sebatik Barat, 2 orang dari PMR binaan PMI Kecamatan Sei Manggaris dan 1 orang dari PMR binaan PMI Nunukan, ditambah dengan kami pendamping dan juga pembimbing, jumlahnya 8 oraang," jelasnya. 

Peserta Jumbara dari Nunukan akan berangkat Jumat pagi (30/6) ke Tarakan untuk bergabung dengan peserta Jumbara dari Kota Tarakan, Kabupaten Bulungan dan Kabupaten Tana Tidung dan dari Propinsi Kaltara. 

"Di Tarakan peserta akan dikumpulkan menjadi Tim Propinsi Kalimantan Utara untuk mendapatkan bimbingan dan arahan serta pembekalan akhir dari PMI Kaltara selama satu hari satu malam selanjutnya tanggal 2 Juli 2023 di Tarakan akan dilepas Gubernur ke Lampung dengan pesawat terbang via Balikpapan, Jakarta dan Lampung," ungkap Susgianto. (*) 

Teks/Foto : Ilham Waskitho, S.Tr. Anim (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )