Nunukan, SIMP4TIK – Waduk Binusan Kabupaten Nunukan saat ini dalam pengerjaan revitalisasi, baik pengerukan sedimen dan perluasan, agar daya tampung air baku untuk PDAM Tirta Taka saat hujan turun menjadi lebih banyak.

Dibawah Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang (DPUPR) Kabupaten Nunukan, tahapan pekerjaannya nantinya juga akan berlanjut kepada normalisasi dan pembuatan irigasi pembuangan air dari waduk menuju ke laut.

Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Sainuddin, S.T mengatakan, DPUPR juga telah mengusulkan proyek normalisasi, perbaikan dan pembuatan irigasi di tahun 2025. Dan juga sebagai jawaban akan keluhan warga desa Binusan yang kerap mengalami banjir dari luapan air waduk bila hujan turun dengan intensitas tinggi.

“Kami telah usulkan di tahun 2025 setelah revitalisasi waduk selesai akan dilanjutkan proyek irigasi, semoga saja usulan tersebut diterima, sehingga kedepannya masyarakat tidak mengalami banjir kembali," ujarnya.

Sebelumnya pada hari Jumat (20/09/2024) pemukiman warga di desa Binusan mengalami kebanjiran hingga ketinggian air mencapai 1 meter. Ketua RT 14, Ardiansyah mengungkapkan bahwa banjir terjadi karena luapan air dari waduk Binusan dan kecilnya saluran irigasi pembuangan air dari waduk, sehingga air meluap ke jalan dan pemukiman warga.(*)

Teks/Foto : BD Novelinna (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom