Nunukan, SIMP4TIK – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Nunukan melakukan Simulasi tes Computer Assisted Test (CAT) Calon Aparatur Sipil Negeri (CASN), Selasa (24/09/2024).

Pada Simulasi ini, BKPSDM Nunukan langsung mendatangkan staf dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regonal VIII Banjar Baru.

Kepala BKPSDM Kabupaten Nunukan H. Sura’i mengatakan simulasi bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan khususnya bagi para peserta baik itu sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) maupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), tentang tata cara pelaksanaan tes CAT.

“Pada kesempatan ini kita lakukan uji coba dan simulasi tes CAT, yang langsung dipandu oleh staf BKN, peserta simulasi dibuka untuk umum dan sebagian besar pesertanya dari tenaga honorer dilingkungan pemda nunukan, dengan jumlah pesertanya kurang lebih 50 orang,” terang Suara’i.

Lanjut sura’i simulasi hanya dilakukan satu sesi dengan waktunya kurang lebih 45 menit, dan dilakukan persis sama seperti saat tes sesungguhnya, hanya saja jumlah soal ataupun pertanyannya lebih sedikit ataupun singkat.

"Simulasi ini diharapkan dapat memberikan gambaran dan pengalaman bagi peserta, agar pada saat tes yang sesungguhnya peserta dapat lebih siap dan bisa mengikuti tes dengan baik," ujarnya.(*)

Teks/Foto : BD Novelinna (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom