Sebatik, SIMP4TIK - Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Melalui Bidang Promosi Kesehatan dan Sistem Informasi Kesehatan Melakukan Pendampingan Lanjutan Penggunaan Sikda Generik Wilayah Pulau Sebatik selama 4 Hari mulai 19 sampai dengan 22 September 2024 di Puskesmas Setabu, Sei Taiwan, Sungai Nyamuk, Aji Kuning dan Sebatik Utara.

Pendampingan lanjutan penggunaan Sikda Generik wilayah pulau Sebatik ini di mulai dari Puskesmas setabu, dengan hasil, tidak adanya sarana laptop yang bisa di gunakan di bagian pelayanan sehingga catatan pada Dashboard Sikda Puskesmas Setabu masih kosong dalam 30 hari ke belakang, dan juga di temukan kosongnya setting aplikasi pada Sikda ulang aplikasi dengan mengambil kode API pada akun DFO puskesmas setabu.

Kemudian di lanjutkan lagi di puskesmas sei Taiwan dengan hasil, telah menginput kunjungan pasien dan berjalan hingga sekarang, hal ini terlihat dari Dashboard Sikda terdapat history diagnosa penyakit dalam 30 hari terakhir.

Puskesmas sungai nyamuk, dengan hasil telah menginput data pada Sikda dan ada beberapa NIK yang tidak dapat keluar IHS Number nya dan setting aplikasi sudah benar.

Di lanjutkan kembali di puskesmas Sebatik Utara dengan hasil, menyampaikan terkait pemenuhan SKP tenaga fungsional di puskesmas terdiri dari pelayanan, seminar, dan pengabdian di harapkan Sikda dapat mengakomodir untuk terkoneksi ke satu sehat platform, SKP yang tidak terpenuhi berdampak ke perpanjangan SIP.

Sementara, di puskesmas Aji Kuning dengan hasil, pengimporan dalam 30 hari terakhir tidak ada data kunjungan masuk ke Dashboard puskesmas aji kuning.

Dalam pendampingan lanjutan ini juga di berikan dua unit Laptop untuk masing-masing puskesmas, yaitu Puskesmas Setabu, Puskesmas Sei Taiwan, Puskesmas Sungai Nyamuk, Puskesmas Sebatik Utara, dan  Puskesmas Aji Kuning.

Di harapkan aplikasi Sikda Generik ini segera di lakukan Bridging melalui uji UAT sehingga dapat mengakomodir pasien BPJS.(*)

Teks/Foto : Putri Sartika Dewi Permata Sari (Tim Publikasi DINAS KESEHATAN PENGENDALIAN PENDUDUK & KELUARGA BERENCANA )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom