Lumbis Ogong, SIMP4TIK - Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana selaku Sekertariat TPPS Kabupaten Nunukan berinisiasi melaksanakan pendampingan rembuk, pembinaan dan monitoring TPPS Kecamatan Nunukan Kembali di laksanakan di tiga kecamatan yaitu kecamatan Lumbis Ogong, Sembakung Atulai dan Lumbis mulai 19 sampai dengan 21 September 2024.

Kegiatan ini juga di hadiri oleh Bappeda selaku wakil ketua TPPS dan Bidang Konvergensi, upaya ini di lakukan sebagai salah satu bentuk keseriusan TPPS Kabupaten dalam mengawal dan mendampingi TPPS Kecamatan dalam melaksanakan 8 aksi konvergensi stunting.

Berdasarkan paparan rembuk oleh TPPS Kecamatan menggambarkan kondisi prevalensi Stunting yang menurun signifikan, upaya pencegahan dan intervensi kasus stunting dilaksanakan secara kolaboratif, berintegrasi dan bersinergi, meski masih terdapat indikator yang perlu di perhatikan namun pada garis besarnya TPPS di tiga Kecamatan ini terus melakukan upaya semaksimal mungkin dengan memanfaatkan sumber daya, sumber dana dan keterlibatan multisektor agar dapat mencegah munculnya kasus kasus stunting yang baru.

Salah satu upayanya adalah TPPS kecamatan secara serius memperhatikan pencegahan dari hulu sejak dari remaja dan calon pengantin. TPPS Kecamatan berkomitmen disamping melakukan intervensi terhadap sasaran keluarga beresiko stunting yaitu ibu hamil dan balita, remaja dan calon pengantin akan menjadi prioritas untuk dilakukan intervensi sebagai langkah pencegahan.(*)

Teks/Foto : Putri Sartika Dewi Permata Sari (Tim Publikasi DINAS KESEHATAN PENGENDALIAN PENDUDUK & KELUARGA BERENCANA )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom