Sebatik Tengah, SIMP4TIK - Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Sebatik Tengah menyelenggarakan sosialisasi pendidikan pemilih yang dihadiri oleh perwakilan pemuda dan siswa-siswi dari SMAN 1 Sebatik Tengah. Acara ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada pemilih pemula mengenai pentingnya berpartisipasi aktif dalam proses demokrasi dan pembangunan, Jum'at (04/10/2024).

Camat Sebatik Tengah, Aris Nur, SSTP, dalam sambutannya, menekankan pentingnya peran generasi muda dalam menentukan masa depan bangsa. "Generasi muda jangan sampai acuh tak acuh terhadap nasib bangsa dan rakyat. Kita bicara soal pemilih pemula, yang berarti kita juga bicara soal masa depan bangsa," ujar Aris Nur. 

Ia juga menyampaikan bahwa banyak kutipan yang menyerukan agar generasi muda ikut aktif terlibat dalam pembangunan, salah satunya melalui pemilihan umum.

Camat Sebatik Tengah mengingatkan para peserta bahwa kesempatan untuk menggunakan hak pilih bukan datang setiap tahun. Bagi yang saat ini berusia 16 tahun, mereka harus menunggu hingga berusia 17 tahun untuk dapat ikut serta dalam pemilihan.

"Ini akan menjadi pembelajaran berharga bagi kalian karena kalian telah merasakan proses demokrasi, bahkan dalam skala kecil seperti pemilihan ketua OSIS," tambahnya.

Dalam sosialisasi tersebut, Camat Sebatik Tengah juga menekankan pentingnya menjaga integritas dan memahami asas demokrasi, tidak hanya sekadar hadir saat pencoblosan. Ia berharap para pemilih pemula dapat terlibat lebih jauh dalam pendidikan politik tanpa terlibat dalam politik praktis.

Acara ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang mendalam kepada para peserta tentang pentingnya partisipasi aktif dalam proses demokrasi dan membangun kesadaran politik di kalangan pemuda Sebatik Tengah.(*)

Teks/Foto : Muhammad Nursyahwal, A.Md.T (Tim Publikasi KECAMATAN SEBATIK TENGAH )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom