SIMP4TIK News - Dinas Perikanan Kabupaten Nunukan memfasilitasi Pendistribusian Paket Perdana Progam Konversi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas (BBG) untuk Nelayan Sasaran Tahun Anggaran 2023, bertempat di Halaman Kantor Dinas Perikanan, Selasa (21/11).

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid, SE MM PhD didampingi oleh Sekretaris Dinas Perikanan bersama perwakilan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI dan Sales Branch Manager PT. Pertamina Patra Niaga Perwakilan Kabupaten Nunukan. 

Bupati Laura menyampaikan bahwa di Kabupaten Nunukan terdapat sekitar 3000 nelayan, namun yang mendapatkan bantuan saat ini baru sekitar 160 nelayan.

Untuk itu Laura berharap program ini akan terus berlanjut dan juga berharap kedepannya semua nelayan yang menggunakan BBM dapat beralih ke BBG mengingat akomodasinya lebih ekonomis.

"Saya berharap bantuan ini dapat bermanfaat bagi para nelayan. Semoga kedepannya para nelayan yang masih menggunakan BBM dapat beralih ke BBG," ujarnya.

Lebih lanjut Laura berpesan kepada para nelayan yang telah mendapatkan bantuan agar dapat menggunakan bantuan tersebut sebaik baiknya. 

"Kepada para nelayan yang telah mendapatkan bantuan ini agar dapat digunakan sebaik baiknya," jelasnya.

Dikesempatan yang sama perwakilan dari Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Migas, Yudi Indarto menyampaikan kegiatan ini merupakan program kemitraan antara Kementerian ESDM dengan Komisi VII DPR RI untuk Nelayan. 

Menurutnya, program konversi BBM ke BBG bagi nelayan sasaran sangat memiliki makna bagi kemudahan akses energi dimana nelayan diberikan pilihan terhadap energi yang akan digunakan. Selain itu dapat berpengaruh pada perekonomian nelayan yaitu dapat mengurangi biaya melaut bagi nelayan.

Untuk diketahui, pada tahun 2016 - 2022 pemerintah telah mendistribusikan 115.859 paket perdana. Pada tahun 2023 rencananya akan dilaksanakan pendistribusian 13.865 paket perdana konversi BBM ke BBG untuk Nelayan sasaran di 49 Kabupaten/Kota.

Sementara untuk di Kabupaten Nunukan tahun 2023 ini akan di distribusikan sejumlah 160 paket perdana.

"Semoga apa yang diberikan oleh Kementerian ESDM RI ini dapat memberikan manfaat khususnya bagi nelayan yang ada di Kabupaten Nunukan serta bagi masyarakat Indonesia pada umumnya," imbuhnya.

Teks/Foto : Masdiana (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom