SIMP4TIK News - Wakil Bupati Nunukan H. Hanafiah, SE MSi membuka secara resmi e-sport dan Ekrafda Festival 2023 yang di selenggarakan oleh Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (Kormi) Nunukan yang di selenggarakan di Gedung Olahraga Dwikora Sei Sembilan, Jumat malam (18/11).

Dari laporan ketua panitia pelaksana, kegiatan ini merupakan program festival yang pertama kali dilakukan yang mana tournament e-sport menghadirkan 2 kategori turnamen di kategori tim mempertandingkan game Mobile legend dan kategori beregu mempertandingkan PS4 yaitu pro evolution soccer. 

Adapun maksud dan tujuan di adakan turnamen ini adalah dalam rangkaian pengembangan e-sport yang ada di Kabupaten Nunukan serta dapat memberikan pengalaman kepada atlit e-sport yang mengikuti turnamen baik di Provinsi maupun nasional, kegiatan ini di sukseskan oleh Kormi Nunukan.

"Peserta yang terdaftar dalam kegiatan ini sebanyak 288 player e-sport meliputi 32 tim player mobile legend dan 64 orang PlayStation ps4," tutur ketua panitia Zulham Harahap.

Hanafiah dalam sambutannya, E-sport merupakan kompetensi game atau olahraga elektronik, bahkan e-sport sendiri merupakan cabor yang di sebut - sebut membutuhkan stamina dan daya konsentrasi dan pemain e-sport terdiri dari tim yang bermain game untuk melawan satu sama lain pada tingkat profesional.

"Olahraga baru yang kini di minati oleh berbagai kalangan yang begitu pesat di mainkan oleh masyarakat, festival e-sport yang di rangkaian dengan Ekrafda memiliki tujuan untuk hiburan namun secara tidak langsung bisa mendapatkan berbagai macam pelajaran dari isinya dan bisa ciptakan prestasi, sehingga bisa mewadai masyarakat khususnya anak muda dalam mengembangkan karir di dunia e-sport," ujar Hanafiah.

"Kegiatan ini sangat luar biasa, demi menggali potensi e-sport dan Ekrafda di Kabupaten Nunukan, atas nama pemerintah daerah saya sangat mendukung dan apresiasi yang tinggi kepada Kormi Nunukan atas terselenggaranya kegiatan ini, yang mungkin baru pertama kalinya kormi Nunukan mengadakan event ini," tambahnya.

Diharapkan kedepannya para peserta terus bisa mengasah kemampuannya untuk berprestasi mengharumkan daerah dan mampu bersaing di ajang turnamen tingkat Provinsi bahkan Nasional .

Teks/Foto : Soni Irnada (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom