SIMP4TIK News - Dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Kalimantan Utara 2025 Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota Se-Kalimantan Utara melakukan pertemuan Rapat Koordinasi di Pulau Sebatik, Rabu (29/11). 

Dengan mengusung tema "Penguatan Sinergitas Perencanaan, Pembangunan yang Berkelanjutan dalam Mewujudkan Kaltara Maju dan Sejahtera".

Kepala Bappeda Litbang Kabupaten Nunukan Raden Iwan Setiawan menyampaikan tujuan penyelenggaraan rakor Bappeda Litbang se - Provinsi Kalimantan Utara tahun 2023 diantaranya untuk melahirkan gagasan dan pemikiran sebagai solusi dari  permasalahan pelaksanaan pembangunan daerah demi kemajuan Provinsi Kalimantan Utara, serta memperkuat koordinasi antar penyelenggara perencanaan pembangunan daerah di Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Senada dengan itu, Plt. Kepala Bappeda Litbang Kalimantan Utara Bertius S. Hut mengatakan rakoor ini merupakan agenda rutin tahunan yang dilakukan oleh institusi Bappeda Litbang se Kalimantan Utara dalam rangka melakukan evaluasi terkait apa yang sudah dilakukan dan apa yang akan dilakukan. 

"Kita berdiskusi menyatukan presepsi berkaitan dengan tren tren dan kondisi saat ini. Oleh karena itu kita harus mengevaluasi proyeksi, sejauh mana proyeksi itu bisa dilaksanakan, bisa terwujud dan bisa tercapai," Ujar bertius yang dalam kegiatan tersebut juga bertindak sebagai Moderator. 

Lanjut Bertius, rakoor ini kita mencoba menggali isu strategis dari Kabupaten/Kota yang diwakili oleh Bappeda Litbang nya masing-masing dalam rangka menyusun dokumen perencanaan jangka panjang,  jangka menengah dan tahunan. 

"Ada tiga isu strategis penting  yang jadi bahan pembahasan, yaitu percepatan penurunan stunting dan kemiskinan, multiplier effect pembangunan proyek strategis nasional dan daerah, serta pembangunan rendah karbon. 

Teks/Foto : Masdiana (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Ilham Waskitho, S.Tr. Anim