Nunukan, SIMP4TIK - Sebanyak 86 Pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) siap turut serta meramaikan Paras Festival 2024 dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-25 Kabupaten Nunukan.

Stand – stand UKM mulai kuliner, permainan hingga produk kerajinan sudah terlihat dan tertata di Paras Perbatasan, Jl. Lingkar, Kelurahan Nunukan Timur, Kecamatan Nunukan.

Koordinator Stand Paras festival, Mardiana mengatakan, pelaku UKM yang datang mengambil stand untuk berjualan juga ada UKM yang dari pulau Sebatik dan Sembakung.

“Alhamdulillah animo pelaku UKM sangat baik, ini terbukti ada 3 pelaku UKM baru ikut serta bergabung, yang akan menjual produk es krim dan kerajinan tangan,” ujarnya, Jumat (26/07/2024).

“Untuk pelaku UKM dari Sembakung yang akan menjual produk olahan kerupuk, karena tidak mendapatkan stand di dalam area, maka diberikan lokasi berjualan di halaman samping Paras," tambahnya.

Paras Festival yang dilaksanakan mulai Sabtu 26 Juli 2024 hingga Sabtu 10 Agustus 2024 mendatang, para pelaku UKM tidak hanya datang dari masyarakat umum, ada pula perwakilan instansi menghias stand pameran.

“Dari Perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) juga turut serta, khususnya pada stand pameran, seperti Disdukcapil yang akan membuka pelayanan kependudukan dan perizinan, adapun dari Puskesmas Nunukan selatan yang membuka pelayanan kesehatan, serta dari OPD lainnya yaitu pelayanan pajak dan LPSE, serta perbankan seperti BPD Kaltimtara,"  jelas Mardiana, yang juga menjabat Kepala Bidang Usaha Kecil Menengah, Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Nunukan.

Mardiana juga menambahkan, pihak Lapas kelas IIB Nunukan juga turut serta meramaikan pameran seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Lapas Nunukan juga tidak ketinggalan mengisi stand pameran yang telah kami persiapkan, mereka akan menampilkan produk hasil karya warga binaan, seperti kain batik dan baju batik SAE Lanuka. Diharapkan dengan kehadiran mereka pelaku UKM dan instansi yang ada, Paras Festival akan semakin semarak dan pelaku UKM juga mampu menjadikan ini sebagai sarana promosi produk-produk mereka miliki," imbuhnya.

Teks/Foto : BD Novelinna (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom