SIMP4TIK News - Wakil Bupati Nunukan H. Hanafiah hadir pada acara Pelantikan Anggota Saka Bahari Lanal Nunukan Angkatan ke - 9 Kemah Pesisir 2022. Dengan mengambil tema "Menumbuhkan Jiwa Kemaritiman di Bumi Perbatasan Melalui Saka Bahari Nunukan", pelantikan kali ini digelar di Pantai Marina Sebatik, Sabtu (06/08).

Sebanyak 64 siswa telah mengikuti latihan-latihan yang diselenggarakan setiap hari Sabtu di Mako Lanal Nunukan selama 30 jam pelajaran sesuai aturan petunjuk penyelenggaraan satuan karya Bahari hingga mencapai syarat untuk dilakukannya pelantikan anggota Saka Bahari serta pelantikan latihan dasar satuan karya Bahari.

Atas nama pemerintah Kabupaten Nunukan, Wabup Hanafiah yang juga menjabat sebagai Kepala Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Nunukan ini pada awal sambutannya mengucapkan selamat kepada seluruh anggota pramuka yang baru dilantik dan mengatakan bahwa kehadiran pramuka Saka Bahari Lanal Nunukan angkatan 09 itu akan makin melengkapi kiprah pramuka bagi masyarakat.

"Saya percaya anggota-anggota pramuka Saka Bahari ini nantinya akan bisa memberikan karya-karya dan pengabdian terbaiknya bagi masyarakat", ucap Hanafiah.

Lanjutnya, Hanafiah menyampaikan kepada anggota pramuka Saka Bahari bahwa di pramuka bisa belajar banyak hal yang sangat berguna dalam kehidupan. Kepemimpinan, kekompakan, kedisiplinan, kemandirian tanggung jawab dan kerja keras adalah nilai-nilai luhur yang akan diperoleh selama bergabung menjadi anggota pramuka.

"Di pramuka, kalian juga akan mendapatkan banyak teman dan sahabat yang sama-sama memiliki kepekaan dan kepedulian terhadap berbagai persoalan di tengah masyarakat", tutupnya. (*)

Tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut guna menambah ilmu kepada pramuka dalam jiwa kemaritiman sesuai tema kegiatan yaitu menumbuhkan jiwa kemaritiman di bumi perbatasan melalui Saka Bahari Nunukan. Siswa yang mengikuti kegiatan ini tersebar dari beberapa gugus depan (gudep) yang ada di Nunukan dan Sebatik Barat.

Tampak turut hadir dalam kegiatan ini Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Nunukan Letkol Laut (P) Arief Kurniawan Hertanto, Kepala Pusdiklatcab Gerakan Pramuka Nunukan, Andalan Cabang, Ketua Kwaran dan Andalan Ranting Sebatik serta Forkopimda Nunukan.

Teks/Foto : Tim Publikasi Prokopim Setda

Editor: Asa

Teks/Foto : MULIYANTI (Tim Publikasi SEKRETARIAT DAERAH )

Editor : MULIYANTI