SIMP4TIK News - Dengan mengangkat Tema "Menyongsong Pemilu Serentak 2024 : Merdeka Belajar, Merdeka Memilih, Merdeka Pemuda Indonesia" Bawaslu Kab. Nunukan mengadakan Kompetisi Debat Demokrasi antar pelajar tingkat SMA se-Kab. Nunukan bekerjasama dengan Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kabupaten Nunukan. Kompetisi tersebut sudah berlangsung mulai tanggal 26-27 Juli 2022, dan hari ini, Senin (01/08) final dari kompetisi tersebut yang dilaksanakan di ruang VIP lt. IV Kantor Bupati Nunukan.

Tampak turut hadir dalam acara tersebut Sekretaris Badan Kesbangpol Kab. Nunukan Zulkifli mewakili Bupati Nunukan, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Prov. Kalimantan Utara Wilayah Nunukan Warsito, Perwakilan dari unsur Forkopimda Nunukan, Ketua DPD KNPI Nunukan Anna Bella Morizcha, Ketua Bawaslu Nunukan Mochammad Yusran, dan Kepala kepala Sekolah SMA.

Tujuan dari dilaksanakannya kegiatan ini adalah guna menyambut pemilu serentak yang akan dilaksanakan pada tahun 2024 mendatang, dimana sasaran yang akan di capai adalah terbentuknya kesadaran para pemuda, khususnya para pelajar di Kab. Nunukan dalam memahami arti penting demokrasi terhadap kemajuan suatu bangsa dan berharap kepada seluruh pemuda ataupun pelajar yang berada di Kab. Nunukan.

Dalam sambutan Bupati yang dibacakan oleh Sekban Kesbangpol Kab. Nunukan Zulkifli menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah hal yang baik yang ditempuh oleh Bawaslu Kab. Nunukan untuk meningkatkan peran partisipatif pelajar.

"Kami dari Pemerintah Daerah mendukung apa yang dilakukan ini sebagai salah satu pembelajaran yang baik bagi pelajar sebagai bagian dari masyarakat, terlebih para pelajar ini adalah para pemilih pemula yang perlu untuk diperkaya pemahaman dan wawasan terkait dengan iklim demokrasi yang terus berkembang sejak era reformasi 1998 hingga saat ini." ujarnya.

Zulkifli juga menyampaikan harapan Bupati Nunukan kepada para pelajar yang mengikuti kompetisi debat ini.

"Dengan dilaksanakannya kompetisi debat ini, berharap agar para pelajar dapat mengambil makna dari kegiatan ini bahwa hidup berdemokrasi ini penuh dengn warna, kita bisa satu tujuan walau berlainan jalan, dan kita boleh berbeda pendapat untuk mencapai mufakat, karena dari debat yang berkualitas inilah akan dapat menambah wawasan dan pengetahuan, khususnya dalam kehidupan berdemokrasi sebagai bekal dalam menjalani kehidupan adik-adik semua dalam menggapai impian dan cita-cita", ujarnya.

Adapun juara dalam kompetisi debat yang diikuti seluruh SMA se-Kab. Nunukan ini yaitu sebagai Juara Pertama dari Tim Smansa Speaker SMAN 1 Nunukan, Juara Kedua dari Tim Victorius SMAN 1 Nunukan, Juara Ketiga Tim Hosannah SMAN 2 Nunukan, dan Juara Keempat Tim Smasta SMAN 2 Nunukan. (*)

Teks/Foto : Tim Publikasi Prokopim Setda

Teks/Foto : MULIYANTI (Tim Publikasi SEKRETARIAT DAERAH )

Editor : MULIYANTI