SIMP4TIK News - Wakil Bupati Nunukan H. Hanafiah, SE.,M.Si hadiri Pembukaan Sosialisasi dan Pelatihan Manajemen Perkoperasian bagi pelaku usaha mikro dan kelompok usaha serta bagi pengurus koperasi di Kabupaten Nunukan yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi, Usah Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan bertempat di ruang VIP Lt. 4 Kantor Bupati Nunukan, Selasa (27/9).

Wabup Nunukan H. Hanafiah, mengatakan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan motor penggerak pembangunan perekonomian di Kabupaten Nunukan, maka dari itu Pemerintah saat ini sedang menggalakkan UMKM agar bisa berkembang.

"Umkm dan Koperasi ini merupakan salah satu penyerap tenaga kerja cukup banyak, menurut data UMKM yang kita dapat sampai saat ini sudah ada sekitar 17 ribu di Kabupaten Nunukan, jika 50% dari umkm tersebut memiliki 2 orang tenaga kerja maka potensinya sangat besar, memang tidak terlihat tetapi memiliki dampak yang sangat terasa di masyarakat," ucap Hanafiah.

Hanafiah berharap UMKM di Kabupaten Nunukan bisa terus eksis. Pemerintah Daerah melalui DKUKMP  akan meminta kepada seluruh perusahaan tambang, perusahaan perkebunan termasuk bank swasta yang ada di Nunukan kiranya juga bisa membantu memasarkan hasil dari UMKM. Dengan berkembangnya UMKM dapat menekan tingkat pengangguran di Kabupaten Nunukan.

Dikesempatan yang sama, Kepala Bidang Koperasi Siti Hasanah, SE sekaligus sebagai ketua panitia penyelenggara menyampaikan bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, baik pelaku usaha maupun pengurus koperasi. Dan meningkatkan kemampuan pengurus koperasi dalam pembuatan laporan keuangan, penyusunan administrasi laporan pajak serta laporan akhir tahun.(*)

Teks/Foto : Masdiana (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom