SIMP4TIK News - Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid selaku Ka. Mabicab melantik sekaligus melepas kontingen Jambore Nasional Pramuka Kwartir Cabang Nunukan tahun 2022, Rabu (10/8) bertempat di kantor Bupati Nunukan.

Sebanyak 11 orang Pramuka Garuda yang berasal dari beberapa Gudep yang ada di Kwarcab Gerakan Pramuka Nunukan dikukuhkan hari ini oleh Asisten Administrasi Umum selaku Wakil Ketua Bidang Pembinaan Anggota Dewasa Drs. Syafarudin, dengan diawali pembacaan Tri Satya Pramuka, Pengukuhan Pramuka Garuda ini sekaligus sebagai Pelepasan Kontingen Jambore Nasional.

Setelah acara pengukuhan Pramuka Garuda acara dilanjutkan dengan Pelepasan Kontingen Cabang Jambore Nasional XI dan Penyematan Tanda Kecakapan Tertinggi Pramuka Garuda.

Tahun ini Kwarcab Nunukan mengirimkan delapan putra dan delapan putri untuk menjadi wakil Jambore Nasional yang dilaksanakan di Cibubur. Pada kesempatan ini pula, secara langsung Ketua Majelis Pembimbing Cabang Nunukan, kak Laura Menyematkan Tanda Kecakapan tertinggi Pramuka Garuda.

Dalam sambutannya, Laura mengatakan bahwa gerakan pramuka sangat luar biasa. Beliau juga mengatakan yang berangkat ke Jambore Nasional adalah orang-orang hebat, orang-orang pilihan."

"Atas nama pemerintah Kabupaten Nunukan dan Ka.Mabicab, saya turut bangga dan bersyukur, saya berharap kalian jadi orang yang dipersiapkan Tuhan menjadi orang hebat di masa depan, jadilah orang hebat dengan mental dan fisik yang kuat karena kedepan kalian akan dipersiapkan menjadi pemimpin yang hebat dan berjiwa besar, " ujarnya.

Arman SPd  selaku Ketua Kontingen Cabang Jambore Nasional Ke XI menyampaikan laporannya terkait kesiapan peserta menuju Jamnas ke XI dengan rincian peserta, satu orang pembina pendamping putra, satu orang pembina pendamping Putri, 8 Pramuka Penggalang putra dan 8 Pramuka penggalang putri, Pembina Pendamping Putra Kak Arman Guru SDN 003 Nunukan dan Pembina Pendamping Putri Kak Salma Guru SDN 002 Sebatik, sedangkan peserta berjumlah 16 peserta berasal dari 9 Kecamatan dan 14 SMP/MTS se-kabupaten Nunukan.

Lebih lanjut disampaikan, kegiatan dari Jambore Nasional ini sebagai sarana pembinaan yang bersifat kreatif dan edukatif di alam terbuka dalam bentuk kegiatan perkemahan yang berisi kegiatan menarik, menantang, aman dan menyenangkan. Hal ini tentunya berupaya untuk membentuk sikap dan perilaku serta meningkatkan kemandirian, keterampilan, persatuan dan kesatuan pramuka penggalang, serta komitmen terhadap penghayatan dan pengamalan kode kehormatan pramuka yakni Satya Dharma Pramuka. (*)

Teks/Foto : Tim Publikasi Prokopim Setda

Teks/Foto : MULIYANTI (Tim Publikasi SEKRETARIAT DAERAH )

Editor : MULIYANTI