SIMPATIK, NEWS - Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid dan 88 bupati dari seluruh Indonesia menghadiri Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) di Pullman Vimala hills, Ciawi, Bogor, Jawa Barat, Minggu (18/6).

Rakernas yang digelar sebagai rangkaian dari peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) APKASI yang ke – 22 tahun 2022 itu dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Wakil Mendagri, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil , Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor, 89 bupati dan 14 wakil bupati dan 250 delegasi dari seluruh Indonesia.

Rakernas membahas berbagai isu strategis terkini yang dihadapi oleh kalangan pemerintah daerah,  mulai dari wacana penghapusan tenaga honorer di tahun 2023, hingga porsi pembagian dana bagi hasil antara pemerintah pusat dan daerah.

Mendagri Tito Karnavian sebelum pembukaan Rakernas  menegaskan bahwa birokrasi dan pemerintah yang kuat harus didukung oleh stabilitas politik dan dukungan public.

Untuk itu, Tito Karnavian meminta pemerintah daerah untuk terus menjalin kolaborasi dengan berbagai stakeholder untuk mewujudkan pemerintahan yang kuat, yang mampu tumbuh bersama dengan masyarakat dalam menghadapi berbagai tantangan di masa depan.  

Selain Rakernas, HUT APKASI ke – 22 kali ini juga diisi dengan pemilihan puteri otonomi daerah dan pertandingan golf dan sepak bola.

Sumber Berita : Kabag PROKOMPIM Setkab Nunukan

Penulis : Muliyanti 

Editor : H. Sri Widodo

Teks/Foto : Muliyanti (Tim Publikasi SEKRETARIAT DAERAH )

Editor : fahmiimaniar