Giat pembekalan peserta didik Program Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) yang berlangsung selama dua hari pada tanggal 7-8 September 2022 di Asrama Putri SMKN 1 Sebatik Barat berlangsung lancar.

 

Program kegiatan yang diikuti oleh 32 siswa itu merupakan salah satu upaya pemerintah melalui Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) guna melakukan pemerataan kualitas pendidikan khususnya bagi anak-anak Kalimantan Utara terbaik serta daerah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal). Selain itu juga untuk repatriasi anak Indonesia yang orang tuanya menjadi buruh migran di Sabah, Malaysia. 

 

ADEM Repatriasi teruntuk putra-putri Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Sabah Malaysia, lulusan SMP atau yang sederajat. Mereka diberi kesempatan seluas-luasnya untuk menempuh pendidikan menengah (SMA dan SMK) di Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DI Yogyakarta, Banten, Bali, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Nusa Tenggara Barat, Lampung dan Sulawesi Selatan.

 

Siswa program ADEM ini merupakan pelajar berprestasi dan lolos seleksi mengikuti program Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM).

 

"Dari 32 peserta, yang lolos beasiswa ada 11 dan selebihnya biaya mandiri. Semuanya tinggal di asrama SMKN 1 Sebatik Barat. Melalui program ADEM ini kami berupaya ada pembentukan profil pelajar Pancasila, berkarakter, berintegritas dan cinta tanah air," ungkap Hesty, guru pembimbing SMKN 1 Sebatik Barat.

 

Program ADEM ini sendiri merupakan program yang digagas UP4B bersama Direktorat Pembinaan PKLK Dikmen Dirjen Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sejak tahun 2013.

 

Panitia dari SMKN 1 Sebatik Barat menggandeng narasumber dari Diskominfotik dan Persandian, BNN serta Dinsos dan PPA Kabupaten Nunukan untuk memberi arahan dan pembekalan terkait persoalan remaja saat ini. Untuk Diskominfotik dalam kesempatan tersebut memberikan materi tentang bijak bermedia sosial sesuai tugas dan fungsi instansi. 

Teks/Foto : Asa Zumara, SS (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Asa Zumara, SS