SIMP4TIK News - Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid, SE MM Ph.D membuka acara launching Aplikasi Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES) Online dan Aplikasi Transfer Keuangan Pemerintah Desa (ATKPD) yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) dengan mengusung tema "bersinergi dan bangkit bersama menuju Kabupaten Nunukan Smart City" bertempat di Ruang Serbaguna Lantai 5 Kantor Bupati Nunukan, Rabu (21/9).

Pemerintah Desa saat ini mendapatkan Alokasi Dana Desa yang semakin besar, anggaran itu tentu saja harus dikelola secara benar, transparan, serta bisa dipertanggungjawabkan. Tidak jarang jadwal transfer dana desa mengalami sedikit kendala disebabkan laporan pertanggungjawaban yang belum selesai.

"Terkait dengan hal itu, maka saya menyambut baik kehadiran aplikasi transfer keuangan pemerintah desa kali ini. Saya percaya sistem aplikasi keuangan desa secara online ini akan sangat membantu jajaran para perangkat di masing-masing desa dalam mengelola dan mempertanggungjawabkan dana desa yang diterima. Selain lebih mudah dan cepat, aplikasi sistem keuangan desa secara online ini akan membuat penggunaan dana desa menjadi lebih transparan dan lebih tepat sasaran," ungkap Laura.

Selanjutnya Laura berharap, agar para kepala desa dan perangkatnya memanfaatkan sistem aplikasi ini dengan sebaik-baiknya.

Sementara itu, kepala Dinas Pemberdayaan Desa Helmi Pudaaslikar, S.IP, MAP mengatakan, salah satu tujuan aplikasi SISKEUDES Online ini adalah untuk memudahkan kompilasi dan pemantauan penggunaan dana desa secara lebih baik oleh pemerintah daerah.

"Saat ini kita akan meluncurkan sistem keuangan desa secara online pada 178 desa  dari 232 desa yaitu sebanyak 76% sedangkan sisanya 54 desa atau 23 % masih dalam proses," jelas Helmi.

Helmi menambahkan, kegiatan launching ini terlaksana atas kolaborasi antara Dinas Pemberdayaan Desa, BPKP, Inspektorat dan Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian.(*)

Teks/Foto : Masdiana (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom