SIMP4TIK News -  Rescue Damkar Sebatik berhasil mengamankan ular piton (Malayophyton reticulatus) sepanjang 3,5 meter di rumah Sumarni warga Jalan PDAM RT 08 Sungai Pancang Kecamatan Sebatik Utara Kabupaten Nunukan pada Sabtu pagi (18/6) sekira  pukul 08.25 Wita.

Komandan pleton damkar Sebatik Timur, Abdul Wahid melaporkan pihaknya menerima informasi  dari masyarakat  bahwa ada ular berada di rumah warga. "Tanpa membuang waktu tim rescue langsung bergerak cepat menuju lokasi kejadian," kata Wahid.

Saat dievakusi ular  piton jenis sanca kembang tersebut sedang berada di bawah rumah panggung. "Persisnya  bersembunyi  dekat gelagar rumah di papan yang melintang," ujarnya.

Proses evakuasi agak sulit  kata Wahid,  karena  ular berada pada celah yang sempit. "Dengan hati-hati dan penuh perhitungan petugas mencoba menggunakan alat penjepit ular sembari menarik keluar tubuh ular secara perlahan-lahan," terang Wahid.

Setelah berhasil dikeluarkan selanjutnya kata wahid ular piton langsung dimasukkan ke dalam karung. "Selanjutnya ular tersebut akan dilepaskan kehabitatnya yang jauh dari permukiman warga," ucapnya.

Wahid juga menambahkan, menurut pengakuan pemilik rumah beberapa waktu belakangan ini memang ayam peliharaannya sering hilang. "Diduga ular piton tersebut yang memangsanya," tutup Wahid.( *)

Teks/Foto : Muhammad Aminuddin (Tim Publikasi Disdamkar)

Teks/Foto : Ibnu Abbas (Tim Publikasi DINAS PEMADAM KEBAKARAN )

Editor : fahmiimaniar