SIMP4TIK News – Peringtan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ke-77 pada 17 Agusutus 2022 tingkat Kabupaten Nunukan juga dilakukan di Kecamatan Krayan. Sekretaris Daerah Serfianus SIP MSi mewakili Bupati Nunukan bertindak sebagai Inspektur Upacara diikuti unsur Prokopim Kecamatan di dataran tinggi Krayan, Tokoh Adat, Tokoh masyarakat dan perwakilan pelajar yang bermukim di dataran tinggi Krayan.

Pelaksanaan Upacara Detik-Detik Proklamasi kemerdekaan RI di lapangan Sepak bola Yupai Semaring ini berlangsung hikmat. Saat sirine berbunyi menandai detik-detik proklamasi seluruh peserta upacara larut dalam hening. Demikian pula saat Pembacaan Teks Proklamasi dari anggota DPRD semua peserta mendengarkan dengan seksama.

Pengibaran bendera merah putih menjadi acara yang ditunggu-tunggu oleh semua peserta upacara termasuk orang tua pasukan pengibar bendera. Dengan langkah tegap, seragam berbalut putih-putih pasukan pengibar bendera merah putih secara kompak menunaikan tugas mengibarkan sang merah putih yang diringi lagu Indonesia raya. Pelaksanaan upacara menggetarkan jiwa bagi segenap peserta mengingat kemerdekaan diperoleh dengan pengorbanan.

Usai pelaksanaan upacara Sekretaris Daerah memberikan penghargaan kepada RT bersih di lingkungan Kecamatan Krayan dan pelantikan Ketua Adat Kecamatan Krayan Barat periode 2022-2028.

Menyambut pelaksanaan Upacara dan beberapa kegiatan di Kecamatan Krayan pada 77 tahun Kemerdekaan Indonesia ini, Serfianus memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pemerintah kecamatan dan segenap elemen masyarakat termasuk tokoh-tokoh adat yang sudah bersinergi di dalam merayakan kemerdekaan di wilayah perbatasan dengan Serawak Malaysia ini.

“Ini adalah memomentum menegaskan komitmen cinta tanah air di wialayah  perbatasan bagi warga Dataran Tinggi Krayan yang secara geografis berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia. Bagi warga disini merah putih sudah tertanam kuat dalam jiwa sanubari, NKRI betul-betukl sudah mengakar kuat untuk ibu pertiwi, nasionalisme NKRI harga mati sudah pasti” katanya. (*)

Teks/Foto : Sahar/*

Teks/Foto : SAHAR, SST.Mar, M.I.Kom (Tim Publikasi DINAS PARIWISATA KEPEMUDAAN DAN OLAHRAGA )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom