SIMP4TIK News - ATKP Bankaltimtara merupakan layanan elektronik perbankan yang disediakan oleh Bankaltimtara. Kedepannya ATKP akan terintegrasi dengan SIMDA Keuangan Sekretariat Daerah Kabupaten Nunukan sehingga mempermudah dan mempersingkat waktu dalam pengelolaan keuangan daerah. Layanan ATKP Bankaltimtara - SIMDA Keuangan merupakan aplikasi online yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan transaksi perbankan. Aplikasi ini akan memudahkan pengguna aplikasi perbankan khususnya SKPD dalam transaksi non tunai contohnya dalam proses transfer kepada penyedia jasa ataupun rekanan.

"Dengan adanya ATKP Bankaltimtara diharapkan dapat mendorong percepatan tata kelola pemerintahan dengan berbasis elektronik sehingga terbentuk smart city. Kedepannya kita tidak perlu berhadapan langsung dengan orang dan akan dilaksanakan dengan paper less dalam bertransaksi. Bisa dimana saja dan kapan saja," ujar Kepala Bagian Perencanaan Keuangan Setda, Sarinah dihadapan peserta Sosialisasi ATKP Bankaltimtara, Selasa (9/5).

Kegiatan yang berlangsung di Ruang Rapat Lantai 1 Kantor Bupati ini dihadiri oleh PPK-unit dan bendahara pengeluaran pembantu semua bagian di Sekretariat Daerah Kabupaten Nunukan. Dalam kesempatan tersebut menghadirkan narasumber dari Bankaltimtara, Candra Bayu.

Menurut Candra Bayu, masalah yang biasanya timbul pada penggunaan aplikasi ini adalah tidak munculnya kode OTP pada HP approver dan realease. Approver-nya PPK unit bagian sementara realease kepala bagian. Solusinya adalah meminta ulang kode OTP. “Biasanya karena jaringan sehingga ada gangguan seperti itu. Tapi bisa diatasi dengan mengirim ulang OTP,” jelas Candra.

Bankaltimtara sebagai partner pemerintah daerah berkomitmen untuk terus mendukung Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah atau disebut (ETPD) dalam hal transaksi keuangan secara non tunai melalui layanan Elektronik Channel Bankaltimtara, dengan demikian Bankaltimtara di seluruh Pemerintah Daerah, dapat berkontribusi tinggi terhadap peningkatan PAD, dan juga berperan penting sebagai bank persepsi pengelola Kas Daerah. (AZ)

Teks/Foto : Asrul (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Asa Zumara, SS