SIMP4TIK News - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia di halaman Kantor Bupati Nunukan berlangsung semarak, Kamis (17/8).

Pakaian adat Nusantara mewarnai perhelatan tahunan dengan mengusung tema "Terus Melaju Untuk Indonesia Maju" . Hai ini mencerminkan keberagaman daerah untuk memberikan penghargaan dan kelembagaan budaya Indonesia. Warna warni baju adat mulai dari baju adat Tidung, Dayak, Bugis, Banjar, Jawa, Timur, Batak dan yang lainnya.

Dengan menggunakan baju adat, semakin menumbuhkan rasa nasionalisme peserta upacara. Wakil Bupati Nunukan H. Hanafiah SE MSi selaku Inspektur Upacara menggunakan baju adat Tidung. Begitupun dengan para asisten, kepala OPD, Dharma Wanita Persatuan, dan tamu undangan lainnya . 

Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian,  Kaharuddin,SS tak mau ketinggalan mengenakan baju adat Bugis lengkap dengan penutup kepala yang biasa disebut dengan Songkok Recca. Baju adat ini memberi kesan berwibawa dan terhormat bagi yang mengenakannya

Sama halnya dengan Kepala Badan Pendapatan Daerah, Fitraeni, S.Sos yang mengenakan pakaian adat Dayak. Menurutnya menggunakan baju adat di HUT kemerdekaan Republik Indonesia adalah cara melestarikan budaya khususnya adat Dayak yang ada di Kabupaten Nunukan. 

"Hari ini upacara hari ulang tahun ke-78 kemerdekaan Republik Indonesia, saya mengenakan pakaian adat Dayak. Ini merupakan salah satu cara untuk melestarikan budaya - budaya yang ada di Kabupaten Nunukan," ucapnya. (*)

Teks/Foto : Masdiana (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Ilham Waskitho, S.Tr. Anim