SIMP4TIK News - Pengambilan keputusan DPRD terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2023 dilaksanakan di lantai dua, ruang rapat paripurna kantor DPRD Kabupaten Nunukan, Senin (11/09).

Anggota Badan Anggaran (banggar) Hamsing, S.PI menyampaikan laporan badan anggaran DPRD Kabupaten Nunukan terhadap Ranperda tentang perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Nunukan Tahun Anggaran 2023.

“Dalam rapat paripurna persetujuan terhadap Ranperda tentang perubahan APBD Kabupaten Nunukan Tahun Anggaran 2023, telah kita ketahui bahwa APBD Tahun Anggaran 2023 Pemerintah Kabupaten Nunukan telah memproyeksikan anggaran sebesar Rp 1.513.431.829.763 dengan jumlah pendapatan tahun 2023 pada APBD murni semula sebesar Rp1.486.431.829.763 . Bertambah sebesar Rp 118.253 .422.702 sehingga jumlah pendapatan setelah perubahan sebesar Rp1.604.685.252.465,” ujar Hamsing.

Badan Anggaran DPRD Kabupaten Nunukan memberikan beberapa masukan kepada pemerintahan daerah. Yang pertama yaitu serapan anggaran tahun 2023 agar segera direalisasikan mengingat saat ini sudah memasuki masa triwulan 4. Adapun yang kedua, pemerataan pembangunan diseluruh wilayah Kabupaten Nunukan yang berkeadilan khususnya peningkatan pembangunan di wilayah kawasan terpencil. Masukan yang ketiga adalah DPRD Kabupaten Nunukan mengharapkan koordinasi lebih intensif kepada pemerintah provinsi dalam rangka penentuan dana cadangan pelaksanaan pemilu tahun 2024 mendatang.

 

Hamsing juga menyampaikan bahwa proses pengurusan beasiswa bagi siswa dan siswi yang berhak menerima agar dapat lebih dipermudah khususnya kerja sama dengan pihak bank. Dalam hal ini tidak hanya dilakukan bersama Bankaltimtara tetapi dapat kerja sama dengan bank lainnya.

“Penggunaan transfer dana desa kepada pemerintah dalam penggunaan anggaran dilakukan dengan pengawasan yang maksimal oleh pemerintah daerah melalui APBD terkait dengan harapan dana desa dapat bermanfaat dalam rangka peningkatan kesejahteraaan rakyat Kabupaten Nunukan,” tambah Hamsing.

Sementara itu Bupati Laura menyampaikan apresiasinya karena disetujuinya perubahan APBD Tahun Anggaran 2023.

"Saya memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada pimpinan dan seluruh anggota dewan atas tanggung jawab dan komitmen bersama dalam proses pembangunan daerah. Kenyataan ini terbukti dengan disetujuinya rancangan perubahan APBD Tahun Anggaran 2023. Ini pertanda bahwa adanya semangat keseriusan dalam menyelesaikan semua tahapan dan agenda percepatan penyelesaian pembahasan sampai terlaksananya persetujuan pada hari ini,” ucap Laura pada Rapat Paripurna Ke-10 Masa Persidangan 1 Tahun Sidang 2023-2024 tersebut.

 

Teks/Foto: Nur Hasnawiyah (Mahasiswa magang jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Makassar)

Teks/Foto : Asa Zumara, SS (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Asa Zumara, SS