Nunukan, SIMP4TIK - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Nunukan menyalurkan zakat bagi tenaga honorer di lingkungan Pemerintah Kabupaten Nunukan.

Ketua Baznas Nunukan, Zahri Fadli, menyebut zakat yang disalurkan untuk tenaga honorer pemkab Nunukan capai ribuan, namun ia belum bisa memastikan jumlahnya.

"Yang kami salurkan sesuai dengan jumlah data honorer dari masing-masing OPD Nunukan, dan beberapa OPD sudah ada yang disalurkan seperti Honorer Sekretariat Daerah dan 200 paket sembako untuk pekerja lapangan DLH Kabupaten Nunukan, ada juga honorer yang langsung datang ke kantor," terangnya, Jumat (5/4/2024).

Selain itu, kata Zahri Fadli, pihaknya juga sudah menyalurkan zakat bagi tenaga honorer yang bertugas di kantor perwakilan seperti di Jakarta, Provinsi Kaltara dan kantor perwakilan di wilayah lainnya.

"Kami sudah salurkan untuk 12 Honorer yang ada di kantor perwakilan Jakarta dan 6 tenaga honorer di kantor perwakilan provinsi kaltara," ungkapnya.

Zahri Fadli, menyebut Zakat yang diberikan senilai Rp 250 ribu per orang, "Zakat ini ada dalam bentuk paket sembako maupun uang tunai, namun baik barang dan uang nilainya sama Rp 250 ribu," bebernya.

Menurut, Zahri Fadli, hingga kini zakat yang telah di kumpulkan oleh Baznas Kabupaten Nunukan tapi Rp 300 juta, jumlah ini memang masih sedikit,  dari tahun lalu, namun ia optimis akan capai zakat Rp 600 juta seperti tahun lalu.

"Kebiasannya kita di nunukan, bayar zakatnya H-1 lebaran, itu menyulitkan kami untuk menyalurkannya, sehingga setelah lebaran biasanya kami masih menyalurkan, disamping itu juga jumlah personil Baznas  yang menyalurkan juga kurang," ujarnya

Zahri Fadli mengatakan, hingga kini Baznas telah menyediakan 3500 paket sembako yang sebagainnya telah disalurkan kepada masyarakat di kecamatan-kecamatan.

"Zakat yang disalurkan kepada tenaga honorer dan masyarakat ini, berasal dari dana zakat mal yang dikelola oleh Baznas Nunukan," imbuhnya.

 

 


 

Teks/Foto : BD Novelinna (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom